Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini akan mengkaji secara mendalam tentang: Konsep dasar pendidikan inklusif; Filosofi, prinsip dasar dan regulasi; Keberagaman PDBK (karakteristik) (UU No 8 Disabilitas Fisik, mental, intelektual); Kebijakan pelaksanaan pendidikan inklusi di Indonesia (regulasi, pedoman); konsep dan implementasiPendidikan Inklusi di Indonesia (yang meliputi Sistem Penerimaan Peserta Didik, Identifikasi dan Asesmen, Adaptasi Kurikulum, Penyiapan Perangkat Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran, Penilaian); Tata Laksana Pendidikan Inklusif (8 Prinsip Dasar Pendidikan); Sistem Dukungan Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif; Aksesibilitas dan Asistif Technologi. Pembahasan Implementasi Pendidikan Inklusif diperuntukkan bagi semua siswa di semua jenjang, jenis dan satuan pendidikan melalui pendekatan paradigma sosial PDBK dengan memasukkan nilai-nilai luhur budaya pendidikan Indonesia
CPMK
- Mampu memanfaatkan TIK untuk memperoleh informasi/referensi terkait pendidikan inklusif dan mengomunikasikannya
- Menguasai secara mendalam konsep teoritis filosofi, konsep, prinsip, landasan, dan jenis layanan pendidikan inklusif serta nilai-nilai luhur budaya pendidikan Indonesia;
- Mampu Memahami Praktek penyelenggaraan pendidikan inklusi.
- Memiliki kepekaan terhadap pentingnya perubahan sikap dan pribadi untuk menyosialisasikan kolaborasi dalam mendukung suksesnya pendidikan inklusif dan mewujudkan tanggung jawab sebagai guru yang memahami implementasi pendidikan inklusif.