Matakuliah ini mengkaji konsep dan penerapan prinsip sistem pembelajaran cyber untuk memecahan masalah belajar dengan memanfaatkan teknologi informasi sebagai sumber belajar dan media komunikasi pembelajaran. Kajian melalui analisis kritis berbagai teori Pembelajaran cyber serta teori teori pendukungnya.
CPMK
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Mahasiswa dapat menganalisis isi/peta konsep ruang lingkup pembahasan pembelajaran Cyber dalam pendidikan
Pertemuan 2
Mahasiswa memiliki wawasan global perkembangan teknologi informasi dan komunikasi Dalam untuk pendidkkan dan pembelajaran
Pertemuan 3
Mahasiswa dapat menganalisis konsep pembelajaran cyber
Pertemuan 4
Mahasiswa dapat mengidentifikasi berbagai landasan teori yang mendasari pembelajaran cyber
Pertemuan 5
Mahasiswa dapat menidentifikasi berbagai pendekatan dalam pembelajaran cyber
Pertemuan 6
Mahasiswa dapat mensintesa arah kualitatif pembelajaran cyber
Pertemuan 7
Mahasiswa dapat mengidentifikasi berbagai upaya memfasilitasi pembelajaran cyber
Pertemuan 8
Mahasiswa dapat menguraikan upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan cyber.
Pertemuan 9
Mahasiswa dapat menganalisis model kelembagaan untuk pembelajaran cyber
Pertemuan 10
Mahasiswa dapat menganalisis isu kebijakan pembelajaran cyber
Pertemuan 11
Mahasiswa dapat mensintesa konteks global pembelajaran cyber
Pertemuan 12
Mahasiswa dapat mengidentifikasi kendala implementasi pembelajaran cyber
Pertemuan 13
Mahasiswa dapat menguraikan kerangka berfikir pembelajaran cyber
Pertemuan 14
Mahasiswa dapat menganalisis kajian teori motivasi untuk pembelajaran cyber
Pertemuan 15
Mahasiswa dapat mengidentifikasi proses evaluasi formatif pembelajaran cyber
Pertemuan 16
Mahasiswa dapat mengidentifikasi proses evaluasi sumatif pembelajaran cyber
Matakuliah ini membahas tentang pengembangan bahan ajar cetak berdasarkan pada model pengembangan media pembelajaran melalui pembelajaran kolaboratif. Mata kuliah yang dirancang untuk membantu mahasiswa mengembangkan
Mata kuliah ini mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam mencari solusi terhadap permasalahan pendidikan dasar di Indonesia berdasar fenomena, fakta, dan kultur budaya. Solusi yang dihasilkan mampu
Matakuliah ini membahas tentang pengertian, ruang lingkup dan sejarah psikologi sosial, metode penelitian psikologi sosial, persepsi sosial, atribusi sosial, kognisi sosial, identitas diri dan sosial,