Deskripsi Mata Kuliah
Untuk dapat menempuh mata sensori dn perilaku anak Kesulitan Belajar mahasiswa harus terlebih dahulu menyelesaikan mata kuliah prasyaratnya yakni mata kuliah Pendidikan Bagi Anak Kesulitan Belajar. Mata kuliah ini merupakan rangkain kelanjutan yang membekali mahasiswa pengetahuan serta keterampilan dalam menangani (mengajar) anak dengan kesulitan belajar spesifik di sekolah tak terkecuali sekolah inklusif dengan menggunakan berbagai teknik dan strategi. Mahasiswa juga diharapkan mampu untuk menentukan intervensi yang sesuai dengan karakteristik khusus anak berkesulitan belajar yang sangat beragam dimana kondisi anak berkesulitan belajar satu dan yang lainnya akan berbeda-beda. Dengan mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa dapat memiliki pemahaman yang tepat terkait dengan sensori dan perilaku anak yang tepat sesuai dengan kebutuhan anak berkebsulitan belajar baik di jalur formal maupun di jalur non formal, sehinga target akhir mahasiswa memiliki bekal untuk dapat memberikan layanan kompensatoris yang sesuai untuk peserta didik berkesulitan belajar.
CPMK
- Memanfaatkan ipteks sebagai media dan alat bantu dalam menyusun dan menentukan materi sensori dan perilaku yang tepat bagi peserta didik berkesulitan belajar yang sesuai dengan kondisi dan karakteristik siswa · Menguasai dasar-dasar teori terkait dengan snsori dan perilaku anak berkesulitan belajar sekaligus dapat merinci tentang kondisi khusus peserta didik berkesulitan belajar. Mengambil keputusan strategis dalam menghadapi fenomena dan probematika yang dialami oleh peserta didik berkesulitan belajar sesuai dengan dasar-dasar teoretis sensori dan perilaku anak berkesulitan belajar. · Bertanggung jawab terhadap perencanaan dan pengembangan meteri sensori dan perilaku yang dirancang dengan penyesuaian terhadap kondisi khusus anak berkeulitan belajar secara inovatif, kreatif, dan profesional.