Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membahas hubungan antara sistem sensori dan perilaku pada anak dengan kesulitan belajar. Mahasiswa akan mempelajari teori integrasi sensori, gangguan pemrosesan sensori, serta dampaknya terhadap perilaku dan pembelajaran. Tujuan mata kuliah mencakup pengembangan kemampuan analisis pola perilaku sensori, perancangan intervensi berbasis sensori, dan strategi penyesuaian lingkungan belajar. Ruang lingkup meliputi assessment kebutuhan sensori, teknik modifikasi perilaku, dan pendekatan kolaboratif dengan terapis okupasi dalam konteks pendidikan luar biasa.
CPMK
- Memanfaatkan ipteks sebagai media dan alat bantu dalam menyusun dan menentukan materi sensori dan perilaku yang tepat bagi peserta didik berkesulitan belajar yang sesuai dengan kondisi dan karakteristik siswa · Menguasai dasar-dasar teori terkait dengan snsori dan perilaku anak berkesulitan belajar sekaligus dapat merinci tentang kondisi khusus peserta didik berkesulitan belajar. Mengambil keputusan strategis dalam menghadapi fenomena dan probematika yang dialami oleh peserta didik berkesulitan belajar sesuai dengan dasar-dasar teoretis sensori dan perilaku anak berkesulitan belajar. · Bertanggung jawab terhadap perencanaan dan pengembangan meteri sensori dan perilaku yang dirancang dengan penyesuaian terhadap kondisi khusus anak berkeulitan belajar secara inovatif, kreatif, dan profesional.
- Menguasai dasar-dasar teori terkait dengan snsori dan perilaku anak berkesulitan belajar sekaligus dapat merinci tentang kondisi khusus peserta didik berkesulitan belajar. Mengambil keputusan strategis dalam menghadapi fenomena dan probematika yang dialami oleh peserta didik berkesulitan belajar sesuai dengan dasar-dasar teoretis sensori dan perilaku anak berkesulitan belajar
- Bertanggung jawab terhadap perencanaan dan pengembangan meteri sensori dan perilaku yang dirancang dengan penyesuaian terhadap kondisi khusus anak berkeulitan belajar secara inovatif, kreatif, dan profesional.