Ilmu pendidikan memberikan bekal kepada mahasiswa untuk bisa berkonstribusi dalam mengatasi permasalahan pendidikan dan dapat memberikan inovasi pendidikan di Indonesia dan global. Indikator keberhasilan mata kuliah ini jika mahasiswa mampu mengimplementasikan teori kedalam praktek Pendidikan Non Formal.
CPMK
Bertanggung jawab terhadap kinerja pembelajaran diri, kesepakatan dengan rekan sejawat/kelompok dalam memahami konsep dasar ilmu pendidikan baik secara teoritis maupun praktis, serta menerapkan dengan baik teori pendidikan yang relevan dalam bidang studinya
Menguasai konsep teoritis tentang ilmu pendidikan secara mendalam serta memformulasikan penyelesaian masalah secara prosedural
Memiliki kemampuan mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi data tentang permasalahan pendidikan dan/atau pembeljaran serta dapat memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
Memiliki kemampuan mengaplikasikan bidang keahlian pendidikan dan memanfaatkan IPTEKS dalam menyelesaikan masalah-masalah yang terkait pendidikan dan/atau pembelajaran, baik secara teoritis maupun praktis serta bisa beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
Matakuliah ini membahas tentang konsep-konsep pengukuran psikologi dengan pendekatan classical test theory dan modern theory, konsep validitas dan reliabilitas, norma tes, prosedur skoring, penskalaan, dan
Matakuliah ini membahas tentang konsep dasar pendidikan, hakikat manusia dan pengembangannya, landasan pendidikan, pendidikan sebagai sistem, sistem pendidikan nasional, guru sebagai profesi, permasalahan pendidikan, inovasi
Understanding of development concepts and theories, community development methods, community development techniques, the relationship between community development methods and techniques, review of several community development