•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Filosofi Ilmu Pendidikan Dasar

Program Studi S2 Pendidikan Dasar UNESA

 
Card image

Deskripsi MataKuliah

Mata kuliah ini akan membekali mahasiswa dalam memahami secara meluas dan mendalam tentang hakikat ilmu pendidikan di tingkat sekolah dasar serta pendidikan dasar di perguruan tinggi berdasarkan ruang lingkup sistem pendidikan. Mahasiswa diharapkan kompeten dalam menguasai: (1) wawasan tentang filosofi ilmu pendidikan dasar, (2) konsep, model, prinsip dan prosedur pendidikan dasar, (3) filosofis dan teoritis mengenai pendidikan dasar pada aspek ontologi, epistemologi dan aksiologi pendidikan dasar dalam lingkup belajar-mengajar mikro dan makro dalam aneka pandangan filsafat pendidikan, serta (4) mampu mengidentifikasi permasalahan pendidikan dasar dalam konteks analitik praksis pendidikan dasar, dan (5) mampu mengidentifikasi sistem filsafat pendidikan Indonesia dari pemikiran tokoh-tokoh yang berpengaruh terhadap pendidikan di Indonesia seperti Ki Hadjar Dewantara, KH Hasyim Asyari, Ahmad Dahlan, Kartini, dll. Perkuliahan dilaksanakan dengan pendekatan student centered learning yang dilaksanakan dalam bentuk kajian teori/konsep, penelitian dan seminar, analisis artikel jurnal mutakhir, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah.

CPMK


Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Mempertanyakan kebenaran, pengetahuan, ilmu, aspek ontologi, epistemologi, dan aksiologi ilmu
  • Pertemuan 2
    Mempertanyakan kebenaran, pengetahuan, ilmu, aspek ontologi, epistemologi, dan aksiologi ilmu
  • Pertemuan 3
    Mempertanyakan kebenaran, pengetahuan, ilmu, aspek ontologi, epistemologi, dan aksiologi ilmu
  • Pertemuan 4
    Mempertanyakan kebenaran, pengetahuan, ilmu, aspek ontologi, epistemologi, dan aksiologi ilmu
  • Pertemuan 5
    Membuat klaim dan argumentasi tentang pandangan filosofis yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar
  • Pertemuan 6
    Membuat klaim dan argumentasi tentang pandangan filosofis yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar
  • Pertemuan 7
    Membuat klaim dan argumentasi tentang pandangan filosofis yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar
  • Pertemuan 8
    Mempertanyakan kebenaran, pengetahuan, ilmu, aspek ontologi, epistemologi, dan aksiologi ilmu
  • Pertemuan 9
    Mempertanyakan apa yang dididikkan pada siswa dalam pendidikan dasar
  • Pertemuan 10
    Mempertanyakan apa yang dididikkan pada siswa dalam pendidikan dasar
  • Pertemuan 11
    Mengevaluasi pemikiran tokoh pendidikan di Indonesia
  • Pertemuan 12
    Mengevaluasi pemikiran tokoh pendidikan di Indonesia
  • Pertemuan 13
    Mengevaluasi pemikiran tokoh pendidikan di Indonesia
  • Pertemuan 14
    Mengevaluasi permasalahan pendidikan dasar dalam konteks analitik praksis pendidikan dasar
  • Pertemuan 15
    Mengevaluasi permasalahan pendidikan dasar dalam konteks analitik praksis pendidikan dasar
  • Pertemuan 16

Dosen

WAHONO WIDODO
WAHONO WIDODO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

RUSIJONO
RUSIJONO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS2 Pendidikan Dasar
  • Semester1
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10