Deskripsi Mata Kuliah
Melalui pemanfaatan TIK, mengkaji referensi, menganalisis proposal dan hasil penelitian, dalam mata kuliah ini mahasiswa bertanggungjawab menguasai konsep, prinsip dan prosedur metodologi penelitian untuk mampu mengambil keputusan pengaplikasiaannya dalam memecahkan permasalahan pendidikan ABK, meliputi: hakikat penelitian, pendekatan, karakteristik, tujuan, jenis-jenis dan prosedur penelitian, kajian pustaka, desain penelitian, teknik pengumpulan dan analisis data, validitas dan reliabilitas, instrumen, serta mampu menyusun proposal dengan mengacu Buku Panduan Penulisan Skripsi S-1 .Unesa meliputi: menentukan/menemukan permasalahan, menyusun topik/judul, latar belakang, metode: pendekatan, jenis-desain, variabel, populasi dan sampel, kajian pustaka, kerangka pikir, hipotesis, pengumpulan dan analisis data, serta instrumen), serta mampu melaksanakan penelitian ABK.
CPMK
- Mahasiswa mampu memahami konsep, prinsip, dan prosedur metodologi penelitian pendidikan (hakikat penelitian, pendekatan, tujuan, jenis-jenis, desain penelitian, teknik pengumpulan dan analisis data, validitas, reliabilitas, serta instrumen) dengan memanfaatkan sumber belajar digital dan referensi ilmiah terkini.
- Mahasiswa mampu menganalisis proposal dan hasil penelitian di bidang pendidikan ABK secara kritis melalui pemanfaatan TIK (aplikasi manajemen referensi, software analisis data, dan repositori ilmiah) untuk menilai kesesuaian masalah, kajian pustaka, kerangka pikir, metode, dan instrumen penelitian.
- Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian sesuai Buku Panduan Penulisan Skripsi S-1 Unesa (perumusan masalah, penyusunan judul, latar belakang, kajian pustaka, hipotesis, desain penelitian, variabel, populasi-sampel, teknik pengumpulan dan analisis data, serta instrumen), serta mampu merancang pelaksanaan penelitian untuk memecahkan permasalahan pendidikan ABK dengan berbasis TIK.