Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah pembelajaran anak tunadaksa sebagai mata kuliah yang memberikan pengetahuan, pengalaman, keterampilan, meliputi konsep dasar pembelajaran anak tunadaksa: pengertian, definisi, prinsip-prinsip pembelajaran dan azas-azas pembelajaran, model-model pembelajaran, strategi pembelajaran, program pembelajaran tematik, analisis kurikulum, penyusunan dan pelaksanaan program pembelajaran tematik di SDLB/C, SMPLB/C dan SMALB/C melalui kegiatan observasi dan diskusi.
CPMK
- Menguasai dasar-dasar perancangan, pengelolaan, yang meliputi kemampuan menemukenali peserta didik berkebutuhan khusus, memilih pendekatan, model, metode dan strategi pembelajaran, serta sistem evaluasi bagi peserta didik berkebutuhan khusus
- Mampu memanfaatkan IPTEKS yang relevan dalam lingkup pendidikan khusus
- Mampu mengenali anak kebutuhan khusus dengan menggunakan berbagai teknik dan strategi asesmen
- Mampu melaksanakan kurikulum (merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi untuk layanan pendidikan khusus jalur formal (dari jenjang PAUD hingga pendidikan menengah) dan jalur non formal yang dilandasi oleh prinsip dasar berpikir kritis, nilai-nilai humanitarian dan hak asasi manusia)
- Mampu berkomunikasi dan berbekerjasama dalam tim untuk memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran bagi anak kebutuhan khusus