•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Filsafat Ilmu

Program Studi S2 Teknologi Pendidikan UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Filsafat Ilmu bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk memahami hakikat ilmu (the nature of science) dalam hubungan dengan berbagai pengetahuan lain, berbagai cara memperoleh pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan ilmiah dengan menerapkan penalaran filosofis dan kritis logis; dengan tidak mengabaikan keterbatasan ilmu, metode-metode ilmiah, batasan-batasan moral dan sosialnya sebagai upaya untuk memperoleh dan memanfaatkan pengetahuan. Filsafat Ilmu mengkaji tentang konsep filsafat ilmu, bidang kajian ontologi, epistemologi, dan aksiologi, dalam konstelasi penelitian dan penilaian pendidikan, serta perkembangan pengetahuan ilmiah. Pembahasan tentang ontologi ilmu difokuskan pada unsur realitas empirik (empiricism) seperti fakta, data, dan informasi tanpa melepaskannya dari realitas rasional (rationalism), serta kedudukannya dalam kegiatan ilmiah. Aksiologi ilmu membahas nilai-nilai yang terkait dengan kegiatan keilmuan serta kegunaannya baik secara internal, eksternal, maupun sosial. Epistemologi ilmu difokuskan pada metode ilmiah dan operasionalisasinya dalam metodologi penelitian.

CPMK

  • Menganalisis berbagai teori dan pendekatan dalam filsafat ilmu untuk memahami perbedaan dan kesamaan antar pandangan (C4)
  • Mengevaluasi implikasi dari berbagai teori filsafat ilmu terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (C5)
  • Menciptakan argumentasi filsafat ilmu yang inovatif berdasarkan analisis kritis terhadap teori dan metodologi yang ada (C6)
  • Menganalisis peran nilai kemanusiaan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (C4)
  • Mengevaluasi dampak etis dari penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam konteks sosial dan budaya (C5)
  • Menciptakan pendekatan baru dalam filsafat ilmu yang mengintegrasikan aspek-aspek etis, logis, dan sistematis (C6)
  • Menganalisis dan mengevaluasi peran filsafat ilmu dalam menghadapi tantangan global dan perubahan teknologi (C4, C5)
  • Menciptakan model filsafat ilmu yang adaptif dan inovatif untuk mengatasi masalah-masalah kontemporer (C6)

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Filsafat ilmu dalam berpikir secara logis dan analitis
    • Date  2 September 2024

  • Pertemuan 2
    Diharapkan mampu mengembangkan pemikiran logis, etis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam memahami teori dan pendekatan dalam filsafat ilmu.
    • Date  9 September 2024

  • Pertemuan 3
    Diharapkan mampu mengembangkan pemikiran logis, etis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam mengaplikasikan teori filsafat ilmu dalam konteks pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
    • Date  16 September 2024

  • Pertemuan 4
    Diharapkan mampu mengembangkan pemikiran logis, etis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam mengaplikasikan teori filsafat ilmu terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
    • Date  23 September 2024

  • Pertemuan 5
    Diharapkan mampu mengembangkan pemikiran logis, etis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam menciptakan argumentasi filsafat ilmu yang inovatif.
    • Date  30 September 2024

  • Pertemuan 6
    Diharapkan mampu menjunjung tinggi nilai kemanusiaan untuk peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila dan keanekaragaman dalam menjalankan tugas.
    • Date  7 Oktober 2024

  • Pertemuan 7
    Diharapkan mampu mengevaluasi dampak etis dari penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam konteks sosial dan budaya dengan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan keanekaragaman.
    • Date  14 Oktober 2024

  • Pertemuan 8
    Diharapkan mampu menganalisis peran nilai kemanusiaan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta menerapkannya dalam konteks nyata.
    • Date  21 Oktober 2024

  • Pertemuan 9
    Diharapkan mampu mengevaluasi dampak etis dari penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam konteks sosial dan budaya dengan menggunakan pemikiran logis, etis, kritis, sistematis, dan kreatif.
    • Date  28 Oktober 2024

  • Pertemuan 10
    Pemikiran logis, etis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam desain, pengembangan, pengelolaan, pemanfaatan, dan evaluasi dalam sistem pendidikan dan pembelajaran dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
    • Date  4 November 2024

  • Pertemuan 11
    Diharapkan mampu menganalisis peran filsafat ilmu dalam menghadapi tantangan global dan perubahan teknologi, serta mengevaluasi dampaknya dalam sistem pendidikan dan pembelajaran.
    • Date  11 November 2024

  • Pertemuan 12
    Diharapkan mampu menciptakan model filsafat ilmu yang adaptif dan inovatif untuk mengatasi masalah-masalah kontemporer.
    • Date  18 November 2024

  • Pertemuan 13
    • Date  25 November 2024

  • Pertemuan 14
    • Date  2 Desember 2024

  • Pertemuan 15
    • Date  9 Desember 2024

  • Pertemuan 16
    • Date  16 Desember 2024

Dosen

BUDI PURWOKO
BUDI PURWOKO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

LAMIJAN HADI SUSARNO
LAMIJAN HADI SUSARNO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS2 Teknologi Pendidikan
  • Semester1
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10