•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Praksis Kritis Pembelajaran Matematika Pendidikan Dasar

Program Studi S2 Pendidikan Dasar UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini mempelajari kontribusi pembelajaran matematika sekolah dasar yang diitegrasikan pada literasi numerasi dan etnomatematika yakni mahasiswa merumuskan, menggunakan, dan menafsirkan matematika di sekolah dasar dengan menggunakan teori-teori yang relevan, yakni: lima standar proses pembelajaran matematika sekolah, mental aritmatika dan number sense, spatial thinking, algebraic thinking, dan computational thinking, problem posing, dan literasi numerasi.

CPMK


Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Menganalisis karakteristik RME secara praksis dalam implementasi pembelajaran numerasi di sekolah dasar dengan konteks etnomatematika
    • Date  4 September 2024

  • Pertemuan 2
    Menganalisis lima standar proses pembelajaran matematika sekolah meliputi problem solving, reasoning and proof, communication, connections, dan representation melalui kajian hasil riset dari jurnal internasional bereputasi
    • Date  11 September 2024

  • Pertemuan 3
    Menganalisis lima standar proses pembelajaran matematika sekolah meliputi problem solving, reasoning and proof, communication, connections, dan representation melalui kajian hasil riset dari jurnal internasional bereputasi
    • Date  18 September 2024

  • Pertemuan 4
    Beragam mental aritmatika untuk menganalisis level number sense siswa sekolah dasar
    • Date  25 September 2024

  • Pertemuan 5
    Membedakan spatial thinking, algebraic thinking, dan computational thinking melalui soal pemecahan masalah matematika yang dibuat untuk siswa sekolah dasar
    • Date  2 Oktober 2024

  • Pertemuan 6
    Membedakan spatial thinking, algebraic thinking, dan computational thinking melalui soal pemecahan masalah matematika yang dibuat untuk siswa sekolah dasar
    • Date  9 Oktober 2024

  • Pertemuan 7
    Menganalisis pendekatan problem posing yang bisa meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif dalam pembelajaran Matematika di SD berbasis etnomatematika
    • Date  16 Oktober 2024

  • Pertemuan 8
    Evaluasi Tengah Semester / Ujian Tengah Semester
    • Date  23 Oktober 2024

  • Pertemuan 9
    Praksis kritis pembelajaran Matematika di SD sesuai dengan fokus konsep matematika pedagogi yang dibahas
    • Date  30 Oktober 2024

  • Pertemuan 10
    Menganalisis video hasil observasi yang terfokus pada konsep matematika pedagogi yang dibahas dengan justifikasi hasil analisis praksis berdasar kajian hasil riset dari jurnal internasional bereputasi
    • Date  6 November 2024

  • Pertemuan 11
    Menganalisis video hasil observasi yang terfokus pada konsep matematika pedagogi yang dibahas dengan justifikasi hasil analisis praksis berdasar kajian hasil riset dari jurnal internasional bereputasi
    • Date  13 November 2024

  • Pertemuan 12
    Menganalisis video hasil observasi yang terfokus pada konsep matematika pedagogi yang dibahas dengan justifikasi hasil analisis praksis berdasar kajian hasil riset dari jurnal internasional bereputasi
    • Date  20 November 2024

  • Pertemuan 13
    Menyusun artikel dari hasil mini riset analisis praksis pembelajaran matematika di sekolah dasar
    • Date  27 November 2024

  • Pertemuan 14
    Menyusun artikel dari hasil mini riset analisis praksis pembelajaran matematika di sekolah dasar
    • Date  4 Desember 2024

  • Pertemuan 15
    Menyusun artikel dari hasil mini riset analisis praksis pembelajaran matematika di sekolah dasar
    • Date  11 Desember 2024

  • Pertemuan 16
    Evaluasi Akhir Semester / Ujian Akhir Semester
    • Date  18 Desember 2024

Dosen

NENI MARIANA
NENI MARIANA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS2 Pendidikan Dasar
  • Semester2
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10