•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course KOMPREHENSIF

Program Studi S2 Pendidikan Luar Sekolah UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah komprehensif adalah subjek kajian yang ditawarkan untuk membekali mahasiswa program studi magister Pendidikan Nonformal dalam melakukan penelitian untuk penyusunan proposal tesis. Ruang lingkup dari mata kuliah adalah Penerapan berbagai konsep, teori, dan metodologi sesuai fokus atau topik penelitian yang dipilih, lokus atau sumber data penelitian, dan modus atau perspektif keilmuan yang digunakan secara orisinal, inovatif, dan transdisipliner. Produk mata kuliah ini berupa proposal tesis meliputi judul, pendahuluan (latar belakang, masalah/fokus, tujan/manfaat, definisi istilah/variabel penelitian), kajian teori, metode penelitian, kisi-kisi pengumpulan data/instrumen penelitian.

CPMK

  • Menerapkan konsep dan teori pendidikan nonformal dalam merancang program pendidikan yang efektif dan relevan dengan kebutuhan masyarakat (C3)
  • Menganalisis dan mengevaluasi efektivitas program pendidikan nonformal yang telah dilaksanakan, berdasarkan teori dan praktek yang ada (C4, C5)
  • Mengembangkan model pembelajaran inovatif yang sesuai untuk pendidikan nonformal dengan memanfaatkan teknologi terkini (C6)
  • Menerapkan pendekatan pedagogik, andragogi, dan heutagogi dalam pengembangan program pendidikan nonformal (C3)
  • Menganalisis kebutuhan pembelajaran spesifik bagi komunitas atau kelompok target dalam pendidikan nonformal (C4)
  • Mengevaluasi dan menyempurnakan teori dan konsep pendidikan nonformal berdasarkan hasil implementasi dan feedback dari peserta didik (C5)
  • Menciptakan solusi kreatif untuk mengatasi tantangan dalam manajemen pendidikan nonformal dengan pendekatan model bisnis sosial (C6)
  • Menerapkan kritis dan sistematis dalam analisis kasus-kasus pendidikan nonformal untuk mengembangkan pemikiran yang inovatif (C3, C4)
  • Mengembangkan kriteria evaluasi untuk mengukur keberhasilan program pendidikan nonformal yang telah diimplementasikan (C5)
  • Menciptakan metode penelitian yang inovatif untuk mengkaji efektivitas pendekatan pedagogik, andragogi, dan heutagogi dalam pendidikan nonformal (C6)

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Tujuan pembalajaraan mata kuliah komprehensip.
    • Date  2 September 2024

  • Pertemuan 2
    Menyusun rumusan masalah penelitian tesis
    • Date  9 September 2024

  • Pertemuan 3
    Menyusun bagian pedahuluan proposal tesis
    • Date  16 September 2024

  • Pertemuan 4
    Menyusun bagian pedahuluan proposal tesis
    • Date  23 September 2024

  • Pertemuan 5
    Menyusun bagian pedahuluan proposal tesis
    • Date  30 September 2024

  • Pertemuan 6
    Mampus Menyusun bagian tinjauan Pustaka proposal tesis
    • Date  7 Oktober 2024

  • Pertemuan 7
    Mampus Menyusun bagian tinjauan Pustaka proposal tesis
    • Date  14 Oktober 2024

  • Pertemuan 8
    UTS
    • Date  21 Oktober 2024

  • Pertemuan 9
    Diharapkan mampu menganalisis kebutuhan pembelajaran spesifik untuk komunitas atau kelompok target dalam pendidikan nonformal.
    • Date  28 Oktober 2024

  • Pertemuan 10
    Diharapkan mampu mengevaluasi dan menyempurnakan teori dan konsep pendidikan nonformal berdasarkan hasil implementasi dan feedback dari peserta didik.
    • Date  4 November 2024

  • Pertemuan 11
    Diharapkan mampu menciptakan solusi kreatif yang inovatif dalam mengatasi tantangan dalam manajemen pendidikan nonformal dengan pendekatan model pembelajaran sosial.
    • Date  11 November 2024

  • Pertemuan 12
    Diharapkan mampu menerapkan kritis dan sistematis dalam menganalisis kasus-kasus pendidikan nonformal untuk menghasilkan pemikiran yang inovatif.
    • Date  18 November 2024

  • Pertemuan 13
    Diharapkan mampu menerapkan kritis dan sistematis dalam analisis kasus-kasus pendidikan nonformal, serta mengembangkan pemikiran yang inovatif untuk memberikan kontribusi positif dalam pengembangan pendidikan nonformal.
    • Date  25 November 2024

  • Pertemuan 14
    Diharapkan mampu mengembangkan kriteria evaluasi yang relevan dan dapat diaplikasikan dalam mengukur keberhasilan program pendidikan nonformal.
    • Date  2 Desember 2024

  • Pertemuan 15
    Diharapkan mampu menciptakan metode penelitian inovatif yang dapat mengkaji efektivitas pendekatan pedagogik, andragogi, dan heutagogi dalam pendidikan nonformal.
    • Date  9 Desember 2024

  • Pertemuan 16
    • Date  16 Desember 2024

Dosen

RIVO NUGROHO
RIVO NUGROHO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS2 Pendidikan Luar Sekolah
  • Semester3
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10