•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Filsafat Pendidikan

Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Matakuliah ini mengkaji hakekat filsafat dan filsafat pendidikan bagi pembelajaran anak usia dini, konsep ontologi, epistemologi, dan aksiologi dalam pendidikan, implementasi aliran filsafat bagi pendidikan anak usia dini. Pembahasannya mencakup juga memberikan pemahaman dan pengetahuan, serta pengalaman, keterampilan kepada mahasiswa melalui teori, konsep, hakikat filsafat pendidikan, tujuan, fungsi, dan manfaat untuk memperoleh skill dalam pengembangan kognitif, afektif, dan psikomotor anak usia dini dalam mengimplementasikan pemikiran para filsuf pendidikan. Implementasi implikasi pemikiran filsuf pada strategi, teknik penyampaian dan penilaian pembelajaran anak usia dini untuk merencanakan, mengaplikasikan, memodifikasi, menganalisis, mengevaluasi dan membekali mahasiswa untuk mampu membuat keputusan dalam mengaplikasikan pemikiran Kihajar Dewantara untuk menemukan alternatif solusi dalam menyelesaikan permasalahan bidang pembelajaran anak usia dini

CPMK

  • Menjelaskan hakekat filsafat pendidikan, perkembangan filsafat pendidikan dan hubungan manusia, filsafat dan pendidikan
  • Mengklasifikasi sistem filsafat, filsafat pendidikan dan jenis-jenis aliran filsafat
  • Menganalisis kasus-kasus Paud, serta inovasi Paud berdasar filsafat pendidikan

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Kompetensi, deskripsi, sekuensi materi mata kuliah Filsafat Pendidikan Pendidikan Guru Anak Usia Dini dan kontrak perkuliahan
    • Date  5 September 2024

  • Pertemuan 2
    Hakikat Filsafat Memahami ruang lingkup Filsafat Pendidikan
    • Date  12 September 2024

  • Pertemuan 3
    Hakikat filsafat pendidikan Mendiskripsikan tiga landasan utama filsafat pendidikan
    • Date  19 September 2024

  • Pertemuan 4
    Implikasi aliran filsafat idealisme dalam pendidikan anak usia dini
    • Date  26 September 2024

  • Pertemuan 5
    Implikasi aliran filsafat naturalisme dalam pendidikan anak usia dini
    • Date  3 Oktober 2024

  • Pertemuan 6
    Prinsip-prinsip aliran filsafat rekonstruksionisme dalam pendidikan anak usia dini
    • Date  10 Oktober 2024

  • Pertemuan 7
    Membagankan konsep eksistensialisme pada pendidikan anak usia dini
    • Date  17 Oktober 2024

  • Pertemuan 8
    Konsep pertemuan 1-7
    • Date  24 Oktober 2024

  • Pertemuan 9
    Menganalisis dari jurnal tentang hakikat aliran perenialisme Membuat analisis implikasi aliran perenialisme pada pendidikan anak usia dini
    • Date  31 Oktober 2024

  • Pertemuan 10
    Dasar aliran esensialisme
    • Date  7 November 2024

  • Pertemuan 11
    Menganalisis dari jurnal tentang hakikat aliran realisme Membuat analisis implikasi aliran realisme pada pendidikan anak usia dini
    • Date  14 November 2024

  • Pertemuan 12
    Menganalisis dari jurnal tentang hakikat aliran pragmatisme Membuat analisis implikasi aliran pragmatisme pada pendidikan anak usia dini
    • Date  21 November 2024

  • Pertemuan 13
    Dasar filsafat pendidikan di Indonesia
    • Date  28 November 2024

  • Pertemuan 14
    Kasus-kasus paud yang terjadi disekitar
    • Date  5 Desember 2024

  • Pertemuan 15
    Kasus-kasus paud yang terjadi disekitar
    • Date  12 Desember 2024

  • Pertemuan 16
    Kompetensi 1-15
    • Date  19 Desember 2024

Dosen

HIRNANDA DIMAS PRADANA
HIRNANDA DIMAS PRADANA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

ACHMAD SYA'DULLAH
ACHMAD SYA'DULLAH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
  • Semester3
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10