•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Philosophy of Education

Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini UNESA

 
Card image

Course Description

This course examines the nature of philosophy and educational philosophy for early childhood learning, the concepts of ontology, epistemology and axiology in education, the implementation of philosophical schools for early childhood education. The discussion also includes providing understanding and knowledge, as well as experience, skills to students through theories, concepts, the nature of educational philosophy, goals, functions and benefits for obtaining skills in the cognitive, affective and psychomotor development of early childhood in implementing the thoughts of educational philosophers. Implementation of the implications of philosophers‘ thinking on strategies, delivery techniques and assessment of early childhood learning to plan, apply, modify, analyze, evaluate and equip students to be able to make decisions in applying Kihajar Dewantara‘s thinking to find alternative solutions in solving problems in the field of early childhood learning

Program Objectives (PO)

  • Menjelaskan hakekat filsafat pendidikan, perkembangan filsafat pendidikan dan hubungan manusia, filsafat dan pendidikan
  • Mengklasifikasi sistem filsafat, filsafat pendidikan dan jenis-jenis aliran filsafat
  • Menganalisis kasus-kasus Paud, serta inovasi Paud berdasar filsafat pendidikan

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Kompetensi, deskripsi, sekuensi materi mata kuliah Filsafat Pendidikan Pendidikan Guru Anak Usia Dini dan kontrak perkuliahan
    • Date  6 September 2024

  • Pertemuan 2
    Hakikat Filsafat Memahami ruang lingkup Filsafat Pendidikan
    • Date  13 September 2024

  • Pertemuan 3
    Hakikat filsafat pendidikan Mendiskripsikan tiga landasan utama filsafat pendidikan
    • Date  20 September 2024

  • Pertemuan 4
    Implikasi aliran filsafat idealisme dalam pendidikan anak usia dini
    • Date  27 September 2024

  • Pertemuan 5
    Implikasi aliran filsafat naturalisme dalam pendidikan anak usia dini
    • Date  4 Oktober 2024

  • Pertemuan 6
    Prinsip-prinsip aliran filsafat rekonstruksionisme dalam pendidikan anak usia dini
    • Date  11 Oktober 2024

  • Pertemuan 7
    Membagankan konsep eksistensialisme pada pendidikan anak usia dini
    • Date  18 Oktober 2024

  • Pertemuan 8
    Konsep pertemuan 1-7
    • Date  25 Oktober 2024

  • Pertemuan 9
    Menganalisis dari jurnal tentang hakikat aliran perenialisme Membuat analisis implikasi aliran perenialisme pada pendidikan anak usia dini
    • Date  1 November 2024

  • Pertemuan 10
    Dasar aliran esensialisme
    • Date  8 November 2024

  • Pertemuan 11
    Menganalisis dari jurnal tentang hakikat aliran realisme Membuat analisis implikasi aliran realisme pada pendidikan anak usia dini
    • Date  15 November 2024

  • Pertemuan 12
    Menganalisis dari jurnal tentang hakikat aliran pragmatisme Membuat analisis implikasi aliran pragmatisme pada pendidikan anak usia dini
    • Date  22 November 2024

  • Pertemuan 13
    Dasar filsafat pendidikan di Indonesia
    • Date  29 November 2024

  • Pertemuan 14
    Kasus-kasus paud yang terjadi disekitar
    • Date  6 Desember 2024

  • Pertemuan 15
    Kasus-kasus paud yang terjadi disekitar
    • Date  13 Desember 2024

  • Pertemuan 16
    Kompetensi 1-15
    • Date  20 Desember 2024

Lecturer

HIRNANDA DIMAS PRADANA
HIRNANDA DIMAS PRADANA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

ACHMAD SYA'DULLAH
ACHMAD SYA'DULLAH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
  • Semester3
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10