Inovasi diperlukan dalam bidang pendidikan sehingga dapat mempersiapkan mahasiswa untuk menyesuaikan diri dalam dunia yang kompetitif dan selalu berubah sesuai perkembangan teknologi teknologi yang sangat pesat positip dan sulit diprediksi, menjadi lebih mudah diakses, hemat biaya, hasilnya efetif dan efisien. Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal terkait inovasi pendidikan bidang vokasi. Kajian mencakup inovasi - inovasi pendidikan (keberhasilan, kegagalan, dan solusi), kurikulum, organisasi, kebijakan, teknologi pendidikan, model/pendekatan/metode pembelajaran penilaian atau evaluasi, pembelajaran yang efektif, pembelajaran abad 21, pembelajaran era society 5.0, self regulated learning, termasuk self regulated learning dan evolusi akademik dari pedagogi ke andragogi, pembelajaran keterampilan pemecahan masalah, pendidikan dan pelatihan kejuruan dalam dunia kerja yang berubah, pendidikan cerdas dalam industri 5.0, pendidikan komparatif di era persaingan dan kolaborasi, karakteristik inovasi pendidikan, penggunaan teknologi yang inovatif dalam pendidikan, dan strategi inovatif dalam pendidikan dan pelatihan teknis dan kejuruan. Pembelajaran dilakukan dengan penugasan menelusur sumber informasi, mengkaji buku-buku, jurnal-jurnal, diskusi, presentasi, refleksi, dan menggunakan pendekatan inkuiri.