Mata kuliah membahas berbagai kajian terhadap berbagai teori difusi inovasi pendidikan dari berbagai sudut pandang, dalam rangka memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam menganalisis system difusi inovasi pendidikan. Oleh karena itu matakuliah ini akan melakukan pembahasan tentang inovasi pendidikan mulai dari: peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: ketercapaian tujuan difusi, atribut inovasi pendidikan, keinovatifan perorangan/ kelompok/ lembaga/ sasaran difusi, jenis pengambilan keputusan untuk menerima atau menolak inovasi, jenis saluran komunikasi inovasi, dan karakteristik social budaya sasaran difusi; kondisi kejiwaan yang dialami individu pada setiap tahapan pengambilan keputusan untuk menerima/menolak inovasi oleh perorangan dan implikasinya pada kegiatan perencanaan dan rancangan penelitian difusi inovasi pendidikan; perancangan implemtasi inovasi pendidikan di lembaga formal berkaitan dengan kompleksitas proses perubahan; penelitian implememtasi inovas pendidikan di lembaga formal. Model Pembelajaran yang digunakan case study, Project Based learning. Penilaian menggunakan partisipasi, tes dan non tes.