CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
CPL-5 Menguasai filosofi ilmu ekonomi yang diperlukan untuk mengembangkan pengetahuan baru pada bidang pendidikan ekonomi yang logis, kritis, dan inovatif dengan mengedepankan nilai-nilai budaya lokal, nasional dan global.
CPL-6 Menguasai filosofi perencanaan, strategi, dan asesmen serta pengelolaan kelas sehingga mampu mengembangkan dan mengevaluasi pembelajaran ekonomi yang original, inovatif, efektif dan sesuai perkembangan IPTEKS.
CPL-7 Menguasai metodologi penelitian untuk mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni baru di bidang pendidikan ekonomi melalui riset atau penciptaan karya kreatif, original, dan teruji dengan pendekatan inter, multi dan transdisipliner dengan penuh tanggung jawab sesuai kaidah dan etika ilmiah.
CPL-8 Menguasai filosofi teori manajerial serta mengembangkannya dengan didukung oleh soft competency dalam bidang pendidikan ekonomi dengan penuh tanggung jawab serta menjunjung nilai-nilai budaya lokal, nasional dan global.
CPMK
CPMK-1 Filsafat Ilmu. Definisi dan Ruang Lingkup: Meneliti definisi filsafat ilmu dan bagaimana filsafat berfungsi dalam mengembangkan teori-teori ilmu. Epistemologi: Isu Kontemporer: Analisis isu-isu terkini dalam pendidikan ekonomi seperti globalisasi, perubahan teknologi, dan kebijakan pendidikan global. Ontologi: Pertanyaan tentang hakikat realitas dan bagaimana realitas ilmiah dipahami dalam konteks pendidikan ekonomi. Metodologi: Pendekatan dan metode penelitian dalam ilmu pendidikan ekonomi, termasuk metode kualitatif dan kuantitatif, serta metode campuran
CPMK-2 Filsafat Pendidikan. Tujuan Pendidikan: Berbagai pandangan tentang tujuan dan fungsi pendidikan dalam masyarakat, termasuk perspektif humanistik, progresif, dan konservatif. Kurikulum dan Pedagogi: Filsafat di balik pengembangan kurikulum dan metodologi pengajaran, serta pengaruh teori pendidikan terhadap praktik pedagogis. Nilai dan Etika Pendidikan: Penelitian tentang nilai-nilai yang mendasari sistem pendidikan dan bagaimana etika memengaruhi kebijakan dan praktik pendidikan.
CPMK-3 Ekonomi Pendidikan. Teori Ekonomi Pendidikan: Analisis teori-teori yang menjelaskan hubungan antara pendidikan dan ekonomi, termasuk teori investasi manusia dan teori modal manusia. Analisis Biaya dan Manfaat: Metode untuk mengevaluasi biaya dan manfaat dari berbagai kebijakan pendidikan serta dampaknya terhadap ekonomi. Kebijakan Pendidikan dan Ekonomi: Studi tentang bagaimana kebijakan pendidikan memengaruhi pertumbuhan ekonomi, ketimpangan sosial, dan mobilitas ekonomi.
CPMK-4 Integrasi Filsafat dan Ekonomi dalam Pendidikan. Kritik Filsafat Ekonomi Pendidikan: Penilaian kritis terhadap pendekatan filsafat yang diterapkan dalam ekonomi pendidikan, serta dampaknya terhadap teori dan praktik. Paradigma dan Model: Pengembangan dan evaluasi model-model yang mengintegrasikan filsafat ilmu pendidikan dengan prinsip-prinsip ekonomi. Isu Kontemporer: Analisis isu-isu terkini dalam pendidikan ekonomi seperti globalisasi, perubahan teknologi, dan kebijakan pendidikan global.