Pembahasan sistem perkuliahan, proposal dan cakupan, topik dan judul, vokus masalah dan tujuan, penelitian terdahulu dan konsep teoritis, metode penelitian, pengembangan referensi, penulisan daftar pustaka, dan pendalaman (presentasi dan diskusi).
CPL Program Studi pada MK
CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-8 Mampu mengembangkan teori/konsep/gagasan ilmiah baru berbasis pengelolaan data dan informasi hasil penelitian dan memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memerhatikan nilai humaniora, metodologi ilmiah, dan perkembangan dunia akademik
CPL-12 Mampu memecahkan permasalahan sains dan teknologi dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra melalui pendekatan interdisipliner, multidisipliner, dan transdisipliner
CPMK
CPMK-1 Mampu menerapkan metodologi penelitian yang sesuai untuk mengembangkan teori atau konsep baru dalam pendidikan bahasa dan sastra (C3)
CPMK-2 Menganalisis dan mengevaluasi berbagai pendekatan interdisipliner, multidisipliner, dan transdisipliner dalam penelitian pendidikan bahasa dan sastra (C4, C5)
CPMK-3 Mengembangkan proposal penelitian yang inovatif dengan mengintegrasikan berbagai teori dan konsep dari disiplin ilmu yang berbeda (C6)
CPMK-4 Mengevaluasi relevansi dan efektivitas metodologi penelitian yang digunakan dalam studi kasus nyata (C5)
CPMK-5 Menciptakan kerangka kerja penelitian yang menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif untuk mengatasi permasalahan yang kompleks (C6)
CPMK-6 Menerapkan prinsip-prinsip etika penelitian dalam merancang dan melaksanakan penelitian (C3)