CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-6 Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya dengan memperhatikan etika akademik dalam menjalankan tugas profesionalnya, dan mampu mewujudkan karakter iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli dan tangguh dalam perilaku keseharian.
CPL-9 Mampu mengelola pembelajaran dan memecahkan masalah bidang pendidikan Biologi dengan mengembangkan model inovatif (HOTS atau TPACK) berciri eduecopreneurship berbasis kearifan lokal.
CPMK
CPMK-1 Mampu menerapkan konsep dasar pengembangan instrumen penelitian dalam perancangan alat ukur yang valid dan reliabel untuk penelitian di bidang Pendidikan Biologi (C3)
CPMK-2 Menganalisis berbagai teknik dalam pengembangan instrumen penelitian yang sesuai dengan proposal tesis mahasiswa (C4, C5)
CPMK-3 Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam mengembangkan instrumen penelitian (C3)
CPMK-4 Menentukan teknik analisis data berdasarkan instrumen penelitian yang dikembangkan (C4)
CPMK-5 Menciptakan instrumen penelitian yang sesuai dengan variabel penelitian yang ditentukan (C6)
CPMK-6 Menerapkan keterampilan kolaboratif dalam pengembangan instrumen penelitian melalui diskusi kelas (C3)
CPMK-7 Melakukan perbaikan instrumen penelitian berdasarkan feedback yang diberikan (C4)
CPMK-8 Mampu mengomunikasikan secara lisan dan tertulis terkait produk instrumen penelitian yang telah dikembangkan (C6)