CPL-5 Mampu berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa serta menghargai keanekaragaman budaya, pendapat atau temuan orisinal orang lain
CPL-7 Menerapkan konsep eduecopreneurship berbasis kearifan lokal dan memiliki jiwa kepemimpinan untuk menunjang kemandirian masyarakat di era Revolusi Industri.
CPL-8 Mampu melakukan telaah terhadap kebijakan, dan mengimplementasikannya di bidang Biologi dan Pendidikan Biologi melalui pendekatan inter dan multidisipliner
CPL-9 Mampu mengelola pembelajaran dan memecahkan masalah bidang pendidikan Biologi dengan mengembangkan model inovatif (HOTS atau TPACK) berciri eduecopreneurship berbasis kearifan lokal.
CPMK
CPMK-1 Menerapkan konsep ekologi dalam pengembangan model pembelajaran yang inovatif dan berkelanjutan di bidang Pendidikan Biologi (C3)
CPMK-2 Menganalisis dampak intervensi manusia terhadap ekosistem lokal dan global untuk mengidentifikasi solusi yang berkelanjutan (C4)
CPMK-3 Mengevaluasi kebijakan lingkungan saat ini berdasarkan prinsip-prinsip ekologi untuk menyarankan perbaikan yang berorientasi pada kearifan lokal (C5)
CPMK-4 Menggunakan prinsip ekologi untuk menciptakan strategi eduecopreneurship yang mendukung kemandirian masyarakat (C3)
CPMK-5 Menciptakan metode pengajaran yang mengintegrasikan konsep ekologi dengan teknologi pendidikan untuk meningkatkan pemahaman siswa (C6)
CPMK-6 Menganalisis dan mengevaluasi dampak kegiatan manusia terhadap biodiversitas dan mengusulkan solusi berbasis penelitian (C4, C5)
CPMK-7 Mengembangkan materi ajar yang mempromosikan nilai-nilai nasionalisme dan tanggung jawab sosial melalui studi kasus ekologi (C3)
CPMK-8 Menciptakan inisiatif eduecopreneurship yang mengintegrasikan prinsip-prinsip ekologi untuk mendukung pembangunan berkelanjutan (C6)
CPMK-9 Mengevaluasi dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya alam dalam praktek eduecopreneurship dengan pendekatan ekologi (C5)