Mata kuliah ini akan membekali mahasiswa dalam memahami secara meluas dan mendalam tentang hakikat ilmu pendidikan di tingkat anak usia dini berdasarkan ruang lingkup sistem pendidikan. Mahasiswa diharapkan kompeten dalam menguasai: (1) wawasan tentang filosofi ilmu pendidikan anak usia dini, (2) konsep, model, prinsip dan prosedur pendidikan anak usia dini, (3) filosofis dan teoritis mengenai pendidikan anak usia dini pada aspek ontologi, epistemologi dan aksiologi pendidikan dasar dalam lingkup belajar-mengajar mikro dan makro dalam aneka pandangan filsafat pendidikan, serta (4) mampu mengidentifikasi permasalahan pendidikan anak usia dini dalam konteks analitik praksis pendidikan anak usia dini, dan (5) mampu mengidentifikasi sistem filsafat pendidikan Indonesia dari pemikiran tokoh-tokoh yang berpengaruh terhadap pendidikan di Indonesia seperti Ki Hadjar Dewantara, KH Hasyim Asyari, Ahmad Dahlan, Kartini, dll. Perkuliahan dilaksanakan dengan pendekatan student centered learning yang dilaksanakan dalam bentuk kajian teori/konsep, penelitian dan seminar, analisis artikel jurnal mutakhir, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah.