Mata kuliah ini merupakan mata kuliah praktik implementasi keilmuan. Mahasiswa dalam perkuliahan diharapkan dapat mengimplementasikan rangkaian komplit dalam pelaksanaan pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus diantarnya : Identifikasi dan asesment; Penyusunan program pembelajaran/program intervensi baik individual maupun klasikal sesuai kebutuhan anak; melaksanakan intervensi terhadap siswa berkebutuhan khusus sesuai program yang telah di rancang; melaksanakan evaluasi pembelajaran. dan juga hingga melaksanaka evaluasi terhadap keseluruhan program yang dilaksanakan. Perkuliahan intership ini juga mengajarkan mahasiswa untuk dapat berkerjasama dan bersinergi dalam satu team dengan ahli lain. diantaranya pada saat penyusunan program pembelajaran individual siswa juga termasuk saat melaksanakan case conference pada siswa. Fleksibilitas mahasiswa dalam penyesuaikan dengan kondisi kebutuhan khusus siswa diperlukan. Dalam proses pembelajaran mahasiswa diajarkan untuk mampu menyelesaikan masalah yang muncul dengan sikap tanggung jawab, kerjasama, dan memiliki etika yang baik, serta dalam praktik diajarkan untuk mampu beradaptasi dengan lingkungan lembaga/klinik terapi yang mengintervensi anak berkebutuhan khusus. Strategi pembelajaran yang dilakukan adalah dengan diskusi, ceramah, inquiri, dan saintifik.