CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
CPL-5 Menguasai pengetahuan tentang pendidikan, masyarakat sekolah dan masyarakat inklusif
CPL-7 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif sesuai bidang keahliannya dalam melakukan mengkaji problematika masyarakat, perubahan teknologi dan ilmu pengetahuan berikut dampaknya dalam rangka menghasil¬kan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk laporan, artikel, atau skripsi, dan mengunggah¬nya;
CPL-9 Mampu mengidentifikasi karakteristik individu, keluarga dan masyarakat, masalah-masalah sosial dan perubahan sosial, termasuk masalah-masalah pembangunan pen-didikan dan masyarakat inklusif di dalam masyarakat lokal dengan wawasan global, dan meng¬analisisnya dengan menggunakan konsep, teori dan metodologi penelitian Sosiologi dengan tepat;
CPL-10 Mampu menyajikan dan mengorganisasi alternatif solusi dalam memecahkan masalah-masalah sosial, perubahan sosial, pembangunan, khususnya pendidikan dan masyarakat inklusif, serta pemberdayaan masyarakat.
CPMK
CPMK-1 (CPL 3, CPL 4) Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam memahami pengertian pendidikan dan ilmu pendidikan.
CPMK-2 CPMK 2: (CPL 6, CPL 7) Mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam memahami pendidikan sebagai suatu sistem.
CPMK-3 Menguasai pengetahuan tentang pendidikan nasional, tujuan pendidikan, dan instrumen pendidikan, serta mampu menganalisis perannya dalam pembangunan masyarakat.
CPMK-4 Menguasai pengetahuan tentang lembaga pendidikan, pendidikan seumur hidup, dan demokrasi pendidikan serta mampu menerapkannya dalam konteks sosial.
CPMK-5 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam mengkaji inovasi pendidikan serta dampaknya terhadap masyarakat dan pembangunan.
CPMK-6 Mampu mengidentifikasi karakteristik individu, keluarga, dan masyarakat serta masalah sosial terkait pembangunan pendidikan dan masyarakat inklusif, serta mampu menyusun alternatif solusi.
CPMK-7 Mampu menyajikan dan mengorganisasi alternatif solusi dalam memecahkan masalah-masalah sosial terkait pendidikan, inovasi pendidikan, dan pembangunan masyarakat.