CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-5 Menguasai konsep-konsep dasar filosofi, paradigma, pendekatan dan teori-teori Sosiologi, berikut cabang-cabang keilmuannya, dan metode penelitian Sosiologi;
CPMK
CPMK-1 Menerapkan konsep statistik dan metode analisis data untuk memahami fenomena sosial dalam konteks pendidikan (C3)
CPMK-2 Menganalisis data kuantitatif dan kualitatif untuk mengidentifikasi pola dan tren dalam pendidikan dan masyarakat inklusif (C4)
CPMK-3 Mengevaluasi efektivitas metode statistik yang digunakan dalam penelitian pendidikan untuk memastikan keakuratan dan relevansi hasil (C5)
CPMK-4 Menciptakan model statistik baru yang dapat digunakan untuk memprediksi dan meningkatkan hasil pendidikan di masyarakat (C6)
CPMK-5 Menerapkan teknik sampling yang tepat untuk mengumpulkan data yang representatif dari populasi pendidikan (C3)
CPMK-6 Menganalisis hasil survei pendidikan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan tantangan dalam masyarakat sekolah (C4)
CPMK-7 Mengevaluasi keandalan dan validitas instrumen pengukuran yang digunakan dalam penelitian statistik pendidikan (C5)
CPMK-8 Menciptakan laporan penelitian yang mengintegrasikan analisis statistik dengan teori pendidikan untuk memberikan rekomendasi yang berbasis bukti (C6)
CPMK-9 Menerapkan prinsip etika dalam pengumpulan dan analisis data statistik untuk memastikan integritas penelitian (C3)
CPMK-10 Menganalisis dampak kebijakan pendidikan terbaru menggunakan metode statistik untuk memberikan wawasan tentang efektivitasnya (C4)