Matakuliah ini mengajarkan dasar-dasar pemrograman visual meliputi konsep pemrograman visual, obyek, event, dasar-dasar validasi, integrasi dan compile beserta aplikasi sederhana di lingkungan pemrograman
CPL Program Studi pada MK
CPL-5 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi.
CPL-8 Menguasai konsep dan implementasi dalam mengembangkan rekayasa perangkat lunak, permainan, multimedia cerdas, dan teknik komputer jaringan.
CPMK
CPMK-1 Mahasiswa dapat menerapkan konsep dasar pemrograman visual dalam pengembangan aplikasi sederhana (C3)
CPMK-2 Mahasiswa dapat menganalisis dan memecah masalah dalam pengembangan aplikasi visual untuk menentukan komponen-komponen yang diperlukan (C4)
CPMK-3 Mahasiswa dapat mengevaluasi berbagai tools dan teknologi yang tersedia untuk pemrograman visual berdasarkan kebutuhan proyek (C5)
CPMK-4 Mahasiswa dapat menciptakan aplikasi visual yang inovatif dengan mengintegrasikan berbagai komponen teknologi informasi (C6)
CPMK-5 Mahasiswa dapat menerapkan prinsip desain antarmuka pengguna yang baik dalam pengembangan aplikasi visual (C3)
CPMK-6 Mahasiswa dapat menganalisis feedback pengguna untuk meningkatkan kualitas aplikasi visual yang dikembangkan (C4)
CPMK-7 Mahasiswa dapat mengevaluasi dan memilih pola desain perangkat lunak yang sesuai untuk implementasi dalam proyek pemrograman visual (C5)
CPMK-8 Mahasiswa dapat menciptakan dokumentasi teknis dan pengguna yang komprehensif untuk aplikasi yang dikembangkan (C6)
CPMK-9 Mahasiswa dapat menerapkan teknik pemrograman berorientasi objek dalam pengembangan aplikasi visual (C3)
CPMK-10 Mahasiswa dapat menganalisis kasus penggunaan aplikasi visual untuk mengidentifikasi kebutuhan pengembangan lebih lanjut (C4)
CPMK-11 Mahasiswa dapat mengaplikasikan konsep dasar pemrograman visual dalam pembuatan aplikasi sederhana (C3)
CPMK-12 Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan pengguna untuk mengembangkan antarmuka pengguna yang efektif dalam aplikasi visual (C4)
CPMK-13 Mahasiswa dapat mengevaluasi dan memilih alat serta teknologi yang tepat untuk pengembangan aplikasi visual berdasarkan kriteria performa dan kegunaan (C5)
CPMK-14 Mahasiswa mampu menciptakan aplikasi visual yang inovatif dengan mengintegrasikan berbagai komponen perangkat lunak (C6)
CPMK-15 Mahasiswa dapat menerapkan prinsip rekayasa perangkat lunak dalam pengembangan aplikasi visual untuk memastikan kualitas dan skalabilitas (C3)
CPMK-16 Mahasiswa mampu menganalisis dan mengimplementasikan teknik pemrograman berorientasi objek dalam pengembangan aplikasi visual (C4)
CPMK-17 Mahasiswa dapat mengevaluasi efektivitas kode dan desain antarmuka dalam aplikasi visual yang dikembangkan (C5)
CPMK-18 Mahasiswa mampu menciptakan solusi pemrograman visual yang mengatasi masalah spesifik dengan pendekatan yang kreatif dan inovatif (C6)
CPMK-19 Mahasiswa dapat menerapkan teknik debugging dan testing untuk memastikan aplikasi visual berjalan dengan baik dan bebas dari bug (C3)
CPMK-20 Mahasiswa mampu menganalisis feedback pengguna untuk meningkatkan kualitas aplikasi visual yang dikembangkan (C4)