Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang membahas perencanaann pembelajaran IPS dengan melakukan perencanaan program tahunan (PROTA) dan program semester (PROMES) yang menggunakan kalender pendidikan yang berlaku pada tahun pelajaran berjalan; membuat perencanaan dalam pelaksanaan pembelajaran IPS (RPP) yang berorientasi pada cara belajar siswa aktif dengan pendekatan saintifik yang relevan dengan tuntutan kurikulum 2013 tuntutan belajar abad 21; mengembangkan bahan ajar dalam pembelajaran IPS, dalam bentuk modul/diktat/handout yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPS yang mampu memberikan pengalaman belajar yang bermakna; mengembangkan lembar kerja siswa dalam bentuk worksheet, jobsheet , petunjuk praktikum dalam pembelajaran IPS yang berorientasi pada keaktifan/kegiatan siswa; mengembangkan lembar penilaian dalam pembelajaran IPS yang mengukur ketercapaian kompetensi belajar dengan menggunakan pendekatan project base learning dengan metode inkuiri, diskusi, tanya jawab, penugasan. Penilaian dilakukan dengan unjuk kerja, tes tulis dan portofolio.