Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang membahas perencanaann pembelajaran geografi dengan melakukan perencanaan program tahunan (PROTA) dan program semester (PROMES) yang menggunakan kalender pendidikan yang berlaku pada tahun pelajaran berjalan; membuat perencanaan dalam pelaksanaan pembelajaran geografi (RPP) yang berorientasi pada cara belajar siswa aktif dengan pendekatan saintifik yang relevan dengan tuntutan kurikulum 2013; mengembangkan bahan ajar dalam pembelajaran geografi, dalam bentuk modul/diktat/handout yang dapat digunakan dalam pembelajaran Geografi yang mampu memberikan pengalaman belajar yang bermakna; mengembangkan lembar kerja siswa dalam bentuk worksheet, jobsheet , petunjuk praktikum dalam pembelajaran Geografi yang berorientasi pada keaktifan/kegiatan siswa; mengembangkan lembar penilaian dalam pembelajaran Geografi yang mengukur ketercapaian kompetensi belajar dengan menggunakan pendekatan project base learning dengan metode inkuiri, diskusi, tanya jawab, penugasan. Penilaian dilakukan dengan unjuk kerja, tes tulis dan portofolio.