Memformulasikan proposal skripsi yang memiliki bobot pendeskripsian, pengolahan fakta dan bukti, penyandaran terhadap peori dan konsep, serta penggunaan baha ilmiah yang mampu menguatkan proposal melalui presentasi logis.
CPL Program Studi pada MK
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
CPL-5 Berkontribusi dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat, bangsa, dan negara serta kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila
CPL-6 Menjadi warga negara yang bangga dan cinta tanah air, menghargai keragaman budaya, bekerja sama, dan memiliki kepekaan diri, sosial, dan lingkungan yang tinggi
CPL-7 Bertanggung jawab atas setiap karya di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia secara mandiri dengan menginternalisasikan nilai-nilai agama, norma dan etika akademik dengan semangat perjuangan dan kewirausahaan
CPL-8 Menguasai konsep dasar bahasa, sastra, keterampilan berbahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra; Menguasai konsep dasar dan pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian di bidang pendidikan bahasa dan sastra; Menguasai konsep teoritis perkembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, baik untuk penutur asli, penutur asing, maupun anak berkebutuhan khusus; Menguasai prinsip dan manajemen kewirausahaan dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
CPL-10 Mampu mengoperasikan aspek pedagogik yang berkaitan dengan pengajaran bahasa Indonesia baik untuk penutur asli, penutur asing, dan anak berkebutuhan khusus
CPMK
CPMK-1 Mahasiswa mampu menggunakan dasar-dasar penelitian kuantitatif atau kualitatif untuk mendasari konsepsi dan teori pendidikan, kebahasaan, dan kesastraan dan mewujudkan ke dalam proposal skripsi serta mempresentasikan rancangan skripsinyalaksanakan proses pembelajaran bahasa Indonesia