Mata kuliah ini membelajarkan mahasiswa tentang teori dan praktek dari teori konseling kognitif-perilaku, yang meliputi: kajian konsep, pandangan tentang sifat dasar manusia, formulasi teoretik tentang gangguan perilaku, metode konseling (tujuan, teknik, dan proses), aplikabilitas, kritik, latihan/praktek menganalisis gangguan perilaku dari suatu kasus, merancang dan mempraktekkan program konseling berdasarkan teori konseling kognitif-perilaku. Perkuliahan dilaksanakan dengan secara luring dan daring dengan menerapkan metode pembelajaran aktif ( active learning ) yaitu pembelajaran berbasis proyek. Penilaian terhadap keberhasilan mahasiswa ditetapkan berdasarkan nilai keaktifan dalam mengikuti seluruh proses perkuliahan, penyelesaian tugas terstruktur, dan ujian.
Tujuan/isi mata pelajaran Teori dan praktik konseling Kognitif-Perilaku:
1. Strategi dan Praktik Restrukturisasi Kognitif
2. Strategi dan Praktik Penghentian Pikiran
3. Strategi dan Praktik Pembingkaian Ulang (Reframing)
4. Strategi dan Praktik REBT
5. Strategi dan Praktik Pencitraan Diri
6. Strategi dan Praktik Perselisihan Sistem Keyakinan Irasional
7. Strategi dan Praktik Humor
8. Strategi dan Praktik Dialog Socrates
9. Strategi dan Praktik Modifikasi Perilaku-Kognitif
10. Strategi dan Praktik Pemodelan Kognitif
11. Strategi dan Praktik Desensitisasi Sistematis