Mata kuliah ini membelajarkan mahasiswa tentang konsep-konsep teoretik dan praktek tentang pendidikan dan bimbingan konseling untuk orang dewasa. Pembelajaran menakankan kepada keterlibatan aktif mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan (student active learing) dan disampaikan melalui berbagai pembelajaran berbasis kasus dan berbasis proyek. Keberhasilan mahasiswa ditetapkan atas dasar kinerja dalam mengikuti proses perkuliahan dan evaluasi hasil belajar. Kinerja dalam proses perkuliahan diukur berdasarkan jumlah dan kualitas partisipasi aktif, sedangkan kinerja dalam evaluasi diukur berdasarkan dua bentuk ujian, yakni ujian tengah semester dan ujian akhir semester. Peniaian terhadap dua bentuk kinerja tersebut didasarkan pada panduan evaluasi universitas negeri surabaya. Bahan Kajian dalam MK ini adalah:
1. Tugas-tugas perkembangan pada periode dewasa
2. Model pendidikan orang dewasa berdasarkan perspektif andragogi (self-directed learning) dan perspektif heutagogi (self-determined leraning)
3. Permasalahan dan kebutuhan nyata orang dewasa di lingkungan/ masyarakat sekitar
4. Merancang program pendidikan orang dewasa berdasarkan permasalahaan yang diidentifikasi dari perspektif andragogi
5. Teori perilaku sosial menyimpang
6. Merancang program pendidikan bagi orang dewasa berdasarkan teori, prinsip, dan kaidah ilmiah