•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Desain UI/UX

Program Studi D4 Manajemen Informatika UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Desain UI/UX membahas konsep dan prinsip dasar dalam merancang antarmuka pengguna (User Interface) dan pengalaman pengguna (User Experience) untuk aplikasi dan website. Mahasiswa akan mempelajari proses desain mulai dari analisis kebutuhan pengguna, pembuatan wireframe, mockup, hingga prototipe interaktif. Mata kuliah ini juga mencakup evaluasi usability, desain responsif, dan prinsip aksesibilitas.

CPMK

  • Mahasiswa mampu memahami konsep dasar desain UI/UX.
  • Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan pengguna untuk menghasilkan desain antarmuka yang efektif.
  • Mahasiswa mampu membuat wireframe, mockup, dan prototipe desain UI/UX.
  • Mahasiswa mampu menggunakan perangkat lunak desain UI/UX untuk menghasilkan antarmuka interaktif.
  • Mahasiswa mampu mengevaluasi desain berdasarkan prinsip usability dan user experience.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Konsep dasar, ruang lingkup, dan pentingnya UI/UX dalam pengembangan aplikasi digital.
    • Date  3 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    Dan menerapkan prinsip dasar warna, tipografi, dan grid untuk desain antarmuka yang estetis dan fungsional.
    • Date  10 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    Menganalisis kebutuhan pengguna melalui teknik user research seperti wawancara, survei, dan observasi.
    • Date  17 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    Membuat wireframe sederhana menggunakan tools desain seperti Figma atau Balsamiq.
    • Date  24 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    Membuat mockup high-fidelity yang merepresentasikan desain antarmuka yang mendetail.
    • Date  3 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    Prinsip interaksi pengguna seperti affordance, feedback, dan constraints dalam desain antarmuka.
    • Date  10 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    Melakukan evaluasi desain menggunakan metode heuristic evaluation dan usability testing.
    • Date  17 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    Pemahaman dasar dan praktik desain UI/UX untuk menyelesaikan soal dan studi kasus yang diberikan.
    • Date  24 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    Membuat prototipe interaktif menggunakan tools desain seperti Figma, Adobe XD, atau Sketch.
    • Date  31 Maret 2025

  • Pertemuan 10
    Merancang desain antarmuka yang responsif dan inklusif untuk berbagai perangkat dan kebutuhan pengguna.
    • Date  7 April 2025

  • Pertemuan 11
    Menulis microcopy yang efektif untuk navigasi, pesan error, dan komunikasi dalam antarmuka pengguna.
    • Date  14 April 2025

  • Pertemuan 12
    Melakukan iterasi desain berdasarkan feedback dari hasil usability testing atau evaluasi pengguna.
    • Date  21 April 2025

  • Pertemuan 13
    Wireframe, mockup, dan prototipe untuk aplikasi berbasis studi kasus yang diberikan.
    • Date  28 April 2025

  • Pertemuan 14
    Dan memperbaiki desain proyek berdasarkan evaluasi usability dan kebutuhan pengguna.
    • Date  5 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    Mempresentasikan desain UI/UX dengan argumen yang jelas dan berdasarkan prinsip-prinsip yang telah dipelajari.
    • Date  12 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    Pemahaman teoretis dan keterampilan praktis dalam desain UI/UX melalui evaluasi dan presentasi hasil proyek akhir.
    • Date  19 Mei 2025

Dosen

FARIS ABDI EL HAKIM
FARIS ABDI EL HAKIM
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

BINTI KHOLIFAH
BINTI KHOLIFAH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

DODIK ARWIN DERMAWAN
DODIK ARWIN DERMAWAN
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiD4 Manajemen Informatika
  • Semester4
  • Lectures3
Difficult Things About Education.
$75$10