•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course design thinking & inovasi

Program Studi S1 Bisnis Digital UNESA

 
Card image

Deskripsi MataKuliah

Mata kuliah ini memperkenalkan pemikiran desain dan penerapannya untuk mengembangkan produk, layanan, dan organisasi bisnis baru. Design Thinking adalah pendekatan interdisipliner yang berpusat pada manusia terhadap inovasi. Design Thinking bertujuan untuk membantu perusahaan besar dan kecil (misalnya startup) untuk berubah dan berinovasi. Design thinking yang dipraktikkan dalam mata kuliah ini sebagian mengikuti pendekatan IDEO yang memadukan pemikiran kreatif dan pemikiran logis atau rasional, dan melibatkan proses yang terdiri dari empati, ide, dan prototipe. Mahasiswa akan mempelajari prinsip-prinsip desain, metodologi dan kerangka kerja, dan menerapkannya melalui latihan dan proyek. Mata kuliah ini dibagi menjadi empat aspek utama, semuanya saling berhubungan tetapi juga kami tekankan secara terpisah: (1) metodologi desain (misalnya proses desain, penelitian etnografi, brainstorming, pemikiran integratif, peran desain, komposisi tim), (2) "hal" yang akan dirancang (misalnya, produk, layanan, atau bisnis itu sendiri), misalnya model bisnis), (3) sikap dan perilaku manusia (terhadap desain), dan (4) konteks desain. Konteks desain mengacu pada konteks yang muncul lebih luas untuk desain dan bisnis, khususnya, masyarakat (termasuk budaya yang berbeda. user persona dan lingkungan fisik). Pembelajaran terutama akan bersifat pengalaman - melalui analisis kasus, latihan kelompok, dan proyek tim. Prototipe yang menggunakan bahan yang mudah diakses akan diharapkan dan pembicara tamu dengan pengalaman praktis dalam Design Thinking juga dapat diundang untuk mendukung pembelajaran.

CPMK

  • 1. Memahami nilai inovasi untuk organisasi, perekonomian dan masyarakat
  • 2. Menerapkan inovasi dan proses inovasi di dalam organisasi
  • 3. Memahami hubungan antara inovasi, design thinking dan kewirausahaan
  • 4. Menerapkan tahapan proses design thinking ke dalam proyek inovasi
  • 5. Menghasilkan keputusan strategis di bidang desain dan inovasi berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Memahami konsep dasar design thinking
  • Pertemuan 2
    Menjelaskan Tahap Design Thinking: Define and Research
  • Pertemuan 3
    Menjelaskan Tahap Design Thinking: Define and Research
  • Pertemuan 4
    Menjelaskan Tahap Design Thinking: Idea Generation
  • Pertemuan 5
    Memahami Etika Desain
  • Pertemuan 6
    Memahami Etika Desain
  • Pertemuan 7
    Memahami user centric design
  • Pertemuan 8
    Memahami user centric design
  • Pertemuan 9
    Mengaplikasikan Graphic Design Software
  • Pertemuan 10
    Mengaplikasikan Graphic Design Software
  • Pertemuan 11
    Memahami tahap desain: Refinement
  • Pertemuan 12
    Menjelaskan tahap desain: Prototyping
  • Pertemuan 13
    Menjelaskan tahap desain: Prototyping
  • Pertemuan 14
    Mampu menerapkan tahap desain: Implementation
  • Pertemuan 15
    Mampu mendiseminasikan hasil desain produk/layanan digital
  • Pertemuan 16
    Mampu mendiseminasikan hasil desain produk/layanan digital

Dosen

RISKA DHENABAYU
RISKA DHENABAYU
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

HUJJATULLAH FAZLURRAHMAN
HUJJATULLAH FAZLURRAHMAN
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Bisnis Digital
  • Semester3
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10