Matakuliah ini merupakan kajian tentang konsep dasar ekonomi moneter yang di dalamnya mengkaji Bank sentral dan otoritas Jasa keuangan, Bank umum, lembaga keuangan non bank, inflasi, teori kebijakan moneter, teori permintaan dan penawaran uang, keseimbangan pasar uang, kebijakan fiskal dan moneter, serta neraca pembayaran internasional. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu ceramah, diskusi kelompok, dan penugasan menggunakan studi kasus.
This course is a study of the basic concepts of monetary economy in which it examines the central bank and the financial services authority, commercial banks, non-bank financial institutions, inflation, monetary policy theory, the theory of money supply and demand, money market balance, fiscal and monetary policy, and international balance of payments. The learning methods used are lectures, group discussions, and assignments using case studies.
CPMK
Lulusan mampu menjelaskan mengenai teori ekonomi moneter
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Konsep dasar ekonomi moneter
Date 6 Februari 2025
Pertemuan 2
Bank sentral dan OJK
Date 13 Februari 2025
Pertemuan 3
Bank sentral dan OJK
Date 20 Februari 2025
Pertemuan 4
Inflasi
Date 27 Februari 2025
Pertemuan 5
Teori permintaan uang dan teori penawaran uang
Date 6 Maret 2025
Pertemuan 6
Teori permintaan uang dan teori penawaran uang
Date 13 Maret 2025
Pertemuan 7
Pasar uang, pasar modal dan pasar valas
Date 20 Maret 2025
Pertemuan 8
Ujian Tengah Semester
Date 27 Maret 2025
Pertemuan 9
Menganalisis neraca pembayaran internasional
Date 3 April 2025
Pertemuan 10
Teori dan kebijakan Moneter dan Fiskal
Date 10 April 2025
Pertemuan 11
Teori dan kebijakan Moneter dan Fiskal
Date 17 April 2025
Pertemuan 12
Dan menganalisis Evolusi dan Transmisi kebijakan moneter di Indonesia
Date 24 April 2025
Pertemuan 13
Dan menganalisis Evolusi dan Transmisi kebijakan moneter di Indonesia
Mata kuliah ini membahas tentang kurikulum sekolah dan ruang lingkupnya, perkembangan kurikulum sekolah, analisis kurikulum yang mencakup analisis tugas dan materi, perumusan tujuan dan indicator
Pada mata kuliah Manajemen Pemasaran, mahasiswa belajar menguraikan teori-teori dalam Manajemen Pemasaran meliputi manajemen pemasaran, wawasan pemasaran, hubungan dengan pelanggan, merek yang kuat, penciptaan dan
Mata kuliah Komunikasi Bisnis Islam merupakan mata kuliah yang memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa untuk dapat meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi, baik secara tertulis maupun