Matakuliah ini membahas tentang konsep dasar riset operasi dan pendekatan berbagai metode pemodelan deterministik seperti linear programming, model transportasi, penugasan, sistem antrian, game theory dan manajemen proyek, serta terampil dan dengan menggunakan alat analisis melalui software management science untuk menghasilkan pengambilan keputusan khususnya yang berhubungan dengan masalah alokasi sumber daya perusahaan. Aplikasi pembelajarannya melalui analisis contoh-contoh kasus di kelas. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem analisis studi kasus, ceramah, diskusi, tugas, dan refleksi.
This course discusses the basic concepts of operations research and approaches to various deterministic modeling methods such as linear programming, transportation models, assignments, queuing systems, game theory and project management, as well as being skilled and using analytical tools through management science software to produce decision-making specifically related to with the issue of company resource allocation. Learning applications through the analysis of case examples in class. Lectures are carried out with a system of case study analysis, lectures, discussions, assignments, and reflections.
CPMK
C4. Mahasiswa mampu memilih model Operational Research yang tepat untuk memecahkan masalah optimasi.
C5. Mahasiswa mampu menafsirkan secara tepat hasil analisis optimasi untuk pengambilan keputusan.
A5. Mahasiswa mampu menunjukkan karakter teliti, berwawasan luas, dan cerdas di dalam kegiatan pembelajaran Operational Research
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Definisi dan kegunaan OR
Date 10 Februari 2024
Pertemuan 2
Menganalisis penyusunan model matematis
Date 17 Februari 2024
Pertemuan 3
Menganalisis pemecahan masalah berdasarkan model yang telah disusun dengan metode grafis
Date 24 Februari 2024
Pertemuan 4
Menganalisis pemecahan masalah berdasarkan model yang telah disusun dengan metode simpleks sederhana
Date 2 Maret 2024
Pertemuan 5
Menganalisis pemecahan masalah berdasarkan model yang telah disusun dengan metode Dual SImpleks
Date 9 Maret 2024
Pertemuan 6
Menganalisis pemecahan masalah penugasan menggunakan algoritma dengan tujuan meminimumkan
Date 16 Maret 2024
Pertemuan 7
Menganalisis pemecahan masalah penugasan menggunakan algoritma dengan tujuan memaksimumkan
Date 23 Maret 2024
Pertemuan 8
UTS
Date 30 Maret 2024
Pertemuan 9
Menganalisis pemecahan masalah transportasi dengan metode North West Corner, Stepping Stone,Least Corner, Vogels Approximation Method
Date 6 April 2024
Pertemuan 10
Menganalisis pemecahan masalah transportasi dengan metode North West Corner, Stepping Stone, Least Corner, Vogel’s Approximation Method
Date 13 April 2024
Pertemuan 11
Menganalisis pemecahan masalah transportasi dengan metode North West Corner, Stepping Stone, Least Corner, Vogel’s Approximation Method
Date 20 April 2024
Pertemuan 12
Menganalisis pemecahan masalah penyelesaian proyek PERT/CPM
Date 27 April 2024
Pertemuan 13
Menganalisis pemecahan masalah penyelesaian proyek PERT/CPM
Matakuliah ini memahami dan mempraktekkan konsep pemasaran digital sebagai bagian dari seperangkat konsep dan teori yang lebih besar dalam disiplin pemasaran dengan mengoptimalkan teknologi digital
Mata kuliah ini menjelaskan terkait perilaku konsumen, fungsi produksi, kondisi pasar, barang publik, game Theory dan kesejahteraan. Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan sistem analisis studi kasus,
Mata kuliah ini membahas tentang, (1) Hakikat filsafat ilmu; (2) Pokok Ajaran Filsafat Bidang Filsafat Ilmu (materialisme, idealisme/spiritualisme, realisme); (3) teori-teori kebenaran ; (4) aspek