Deskripsi Mata Kuliah
Matakuliah ini mengaji tentang prinsip dan metode dasar dalam grafika komputer serta mampu untuk melakukan perancangan, mengimplementasikan dan menganalisis sistem aplikasi grafika yang benar dan baik. Adapun materi yang dipelajari dalam matakuliah ini adalah pengenalan komputer grafik, primitive drawing , obyek grafik 2D, transformasi affine 2D, obyek grafik 3D, transformasi 3D affine, membuat obyek-obyek grafik 3D kompleks.
CPMK
- Mahasiswa dapat menerapkan prinsip-prinsip dasar grafika komputer dalam pengembangan aplikasi multimedia (C3)
- Mahasiswa dapat menganalisis dan memecah komponen visual dalam permainan atau multimedia untuk memahami pengaruhnya terhadap pengguna (C4)
- Mahasiswa dapat mengevaluasi efektivitas teknik rendering dalam berbagai kondisi penggunaan (C5)
- Mahasiswa dapat menciptakan desain visual yang inovatif menggunakan perangkat lunak grafis untuk mendukung pembelajaran berbasis TIK (C6)
- Mahasiswa dapat menerapkan algoritma grafika untuk mengoptimalkan performa visualisasi data (C3)
- Mahasiswa dapat menganalisis perbedaan antara grafika vektor dan bitmap dan penggunaannya dalam konteks yang berbeda (C4)
- Mahasiswa dapat mengevaluasi dan memilih teknologi grafika yang paling sesuai untuk jenis proyek tertentu (C5)
- Mahasiswa dapat menciptakan prototipe produk pendidikan yang mengintegrasikan prinsip desain grafis dan teknologi informasi (C6)
- Mahasiswa dapat menerapkan teknik tekstur dan pencahayaan dalam pembuatan scene 3D untuk permainan atau simulasi (C3)
- Mahasiswa dapat menganalisis pengaruh warna dan komposisi dalam desain grafis terhadap emosi dan pemahaman pengguna (C4)