Course keterampilan mengajar dan pembelajaran mikro
Program Studi S1 Pendidikan Tata Rias UNESA
Deskripsi Mata Kuliah
Melakukan latihan praktek mengajar mikro dengan saling bertukar peran dan berlatiih untuk menguasai keterampilan dasar mengajar , praktek kegiatan belajar dan berdiskusi mengenai masalah-masalah yang ditemukan. Pembelajaran dilakukan secara langsung dengan metode latihan dengan strategi student center.
CPMK
Menerapkan teknik dan metode pengajaran yang efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam tata rias kulit sesuai dengan kearifan lokal (C3)
Menganalisis kebutuhan belajar individu siswa dalam konteks tata rias rambut untuk mengadaptasi metode pengajaran yang sesuai (C4)
Mengevaluasi efektivitas metode pembelajaran yang digunakan dalam praktik tata rias pengantin, dan melakukan penyesuaian berdasarkan evaluasi tersebut (C5)
Menggabungkan berbagai teknik tata rias dalam pembuatan modul pembelajaran yang inovatif dan kreatif (C6)
Menerapkan prinsip etika profesional dalam semua aspek pembelajaran tata rias, termasuk dalam penilaian dan feedback kepada siswa (C3)
Menganalisis dan mengintegrasikan kearifan lokal dalam materi pembelajaran tata rias untuk meningkatkan relevansi dan penerimaan materi oleh siswa (C4)
Mengevaluasi dan merevisi rencana pembelajaran berdasarkan feedback siswa dan hasil belajar, dengan fokus pada peningkatan keterampilan praktis siswa (C5)
Menciptakan lingkungan belajar yang mendukung kreativitas siswa dalam tata rias, melalui penggunaan teknologi dan sumber belajar yang inovatif (C6)
Menerapkan teknik komunikasi efektif untuk meningkatkan interaksi dan kolaborasi dalam kelas tata rias (C3)
Menganalisis dampak penggunaan bahan dan teknik tata rias terhadap kesehatan kulit dan rambut, dan mengintegrasikannya dalam materi pembelajaran (C4)
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Teknis pembelajaran micro
Date 7 September 2024
Pertemuan 2
Kurikulum yang akan digunakan dalam pembelajaran
Date 14 September 2024
Pertemuan 3
Membuat perangkat pembelajaran sebagai persiapan untuk pembelajaran mikro
Date 21 September 2024
Pertemuan 4
Membuat perangkat pembelajaran sebagai persiapan untuk pembelajaran mikro
Date 28 September 2024
Pertemuan 5
Membuat perangkat pembelajaran sebagai persiapan untuk pembelajaran mikro
Date 5 Oktober 2024
Pertemuan 6
Baebagai variasi mengajar dan teknik memberikan penguatan pada siswa
Date 12 Oktober 2024
Pertemuan 7
Menyusun materi 2
Date 19 Oktober 2024
Pertemuan 8
Uts
Date 26 Oktober 2024
Pertemuan 9
Menyusun rencana pembelajaran berdasarkan analisis permasalahan kelas
Date 2 November 2024
Pertemuan 10
Menyusun materi 2 dan perangkatnya
Date 9 November 2024
Pertemuan 11
Rencana pembelajaran yang telah disusun berdasarkan analisis kelas
Date 16 November 2024
Pertemuan 12
Rencana pembelajaran yang telah disusun berdasarkan analisis kelas
Date 23 November 2024
Pertemuan 13
Rencana pembelajaran yang telah disusun berdasarkan analisis kelas
Date 30 November 2024
Pertemuan 14
Rencana pembelajaran yang telah disusun berdasarkan analisis kelas
Date 7 Desember 2024
Pertemuan 15
Rencana pembelajaran yang telah disusun berdasarkan analisis kelas
Mahasiswa dapat mendiskusikan analisa vektor, mengidentifikasi hukum colomb , membedakan intensitas medan listrik, menentukan fluks dan gauss, menjelaskan divergensi, menyimpulkan energi dan potensial, mengkategorikan konduktor
Pengenalandan pemahaman statistik, pengolahan data, distribusi, frekuensi, ukuran gejalapusat, simpagan baku, kurva normal, chi kuadrat, uji t, analisis varians,korelasi, regresi, dan statistik non parametrik.
Melakukan pengkajian dan memberikan pemahaman tentang hakekat belajar dan pembelajaran, masalah-masalah belajar, hasil belajar serta teori-teori yang menjelaskan cara siswa belajar meliputi teori belajar Behavioristik,