•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Teori Belajar

Program Studi S1 Pendidikan Teknologi Informasi UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata Kuliah ini membahas tentang pengertian, definisi, tujuan dan fungsi teori belajar, prinsip- prinsip, azas-azas, motivasi belajar dan macam-macam teori belajar: teori behaviorisme, kognitivisme, kontruktivisme. Perkuliahan dilaksanakan dengan menggunakan pembelajaran langsung, penugasan mandiri dan diskusi kelompok serta presentasi. (Di masa Pandemi ini menggunakan Kuliah Daring)

CPMK

  • Mahasiswa dapat menerapkan konsep dan model pembelajaran inovatif dalam merancang materi pembelajaran berbasis teknologi informasi (C3)
  • Mahasiswa dapat menganalisis dan membandingkan berbagai model pembelajaran inovatif untuk menentukan yang paling efektif dalam konteks teknologi informasi (C4)
  • Mahasiswa dapat mengevaluasi efektivitas penggunaan teknologi informasi dalam model pembelajaran yang ada dan memberikan rekomendasi perbaikan (C5)
  • Mahasiswa dapat menciptakan program pengajaran yang mengintegrasikan model pembelajaran inovatif dan teknologi informasi terkini (C6)
  • Mahasiswa dapat menerapkan strategi desain ilmiah dalam mengembangkan produk pendidikan atau sumber belajar yang inovatif (C3)
  • Mahasiswa dapat menganalisis kebutuhan teknologi informasi dalam pengembangan sumber belajar untuk memastikan integrasi yang efektif (C4)
  • Mahasiswa dapat mengevaluasi dan mengkritisi produk pendidikan yang dikembangkan berdasarkan kriteria desain ilmiah dan inovasi teknologi (C5)
  • Mahasiswa dapat menciptakan sumber belajar baru yang mengintegrasikan teknologi informasi terkini dengan pendekatan pedagogis yang efektif (C6)
  • Mahasiswa dapat menerapkan kurikulum teknologi informasi terkini dalam pengembangan program pengajaran (C3)
  • Mahasiswa dapat menganalisis dan menyesuaikan program pengajaran dengan perubahan dalam kurikulum dan teknologi informasi yang berkembang (C4)

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Hakekah belajar, prinsip-prinsip dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Belajar
    • Date  20 September 2024

  • Pertemuan 2
    Teori belajar behaviorisme
    • Date  20 September 2024

  • Pertemuan 3
    Membedakan prinsip-prinsip belajar umum dan prinsip-prinsip belajar khusus
    • Date  27 September 2024

  • Pertemuan 4
    Azas-azas pembelajaran dan motivasi pembelajaran
    • Date  27 September 2024

  • Pertemuan 5
    Teori pembelajaran menurut teori belajar B.F Skinner dan mampu menjelaskan isi teori pembelajaran menurut B.F Skinner
    • Date  9 Oktober 2024

  • Pertemuan 6
    Teori pembelajaran menurut teori belajar Pavlov
    • Date  11 Oktober 2024

  • Pertemuan 7
    Teori pembelajaran menurut teori belajar Robert Gagne
    • Date  18 Oktober 2024

  • Pertemuan 8
    Ujian Sub Sumatif
    • Date  25 Oktober 2024

  • Pertemuan 9
    Teori pembelajaran menurut teori belajar Jean Piaget Memahami teori pembelajaran menurut teori belajar Jerome Bruner dan menurut teori belajar sosial Albert Bandura Mampu dan Menyimpulkan teori belajar menurut aliran kognitivisme
    • Date  1 November 2024

  • Pertemuan 10
    Teori pembelajaran menurut teori belajar Jean Piaget Memahami teori pembelajaran menurut teori belajar Jerome Bruner dan menurut teori belajar sosial Albert Bandura Mampu dan Menyimpulkan teori belajar menurut aliran kognitivisme
    • Date  15 November 2024

  • Pertemuan 11
    Teori pembelajaran konstruktivisme dan jenis-jenis teori pembelajaran konstruktivisme Mampu memahami teori pembelajaran konstruktivisme dan jenis-jenis teori pembelajaran konstruktivisme
    • Date  15 November 2024

  • Pertemuan 12
    Teori pembelajaran konstruktivisme dan jenis-jenis teori pembelajaran konstruktivisme Mampu memahami teori pembelajaran konstruktivisme dan jenis-jenis teori pembelajaran konstruktivisme
    • Date  22 November 2024

    Buku_Pengayaan
  • Pertemuan 13
    Pembelajaran inovatif: model pembelajaran langsungMemahami pembelajaran inovatif: model pembelajaran kooperatifMemahami pembelajaran inovatif: model pembelajaran berbasis masalah
    • Date  29 November 2024

  • Pertemuan 14
    Pembelajaran inovatif: model pembelajaran langsungMemahami pembelajaran inovatif: model pembelajaran kooperatifMemahami pembelajaran inovatif: model pembelajaran berbasis masalah
    • Date  6 Desember 2024

  • Pertemuan 15
    Pembelajaran inovatif: model pembelajaran langsungMemahami pembelajaran inovatif: model pembelajaran kooperatifMemahami pembelajaran inovatif: model pembelajaran berbasis masalah
    • Date  13 Desember 2024

  • Pertemuan 16
    Ujian Sumatif
    • Date  20 Desember 2024

Dosen

RIZKY BASATHA
RIZKY BASATHA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

BAMBANG SUJATMIKO
BAMBANG SUJATMIKO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

YENI ANISTYASARI
YENI ANISTYASARI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Teknologi Informasi
  • Semester1
  • Lectures3
Difficult Things About Education.
$75$10