•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Pemrograman Berbasis Platform

Program Studi S1 Teknik Informatika UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengajarkan konsep dan teknik pemrograman berbasis platform. Dalam mengajarkan konsep tersebut, bahasa pemrograman Java akan digunakan karena Java menggunakan konsep objek dan class dalam pembuatan program. Materi ajar meliputi pengantar konsep OOP, Java Virtual Machine (JVM), objek, class, method, constructor, I/O, pewarisan sifat (inheritance), enkapsulasi (encapsulation), polimorphism (polymorphism), overloading, UML, file, AWT, Swing, applet dan exception.

CPMK

  • Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar dan arsitektur berbagai platform pengembangan aplikasi, termasuk platform mobile, web, dan desktop, serta perbedaannya dalam hal performa, kompatibilitas, dan ekosistem.
  • Mahasiswa mampu merancang antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) yang responsif dan adaptif pada berbagai platform, sesuai dengan prinsip desain modern dan kebutuhan pengguna.
  • Mahasiswa mampu mengembangkan dan mengimplementasikan aplikasi lintas platform dengan menggunakan framework multi-platform populer
  • Mahasiswa mampu melakukan pengujian, debugging, dan optimasi aplikasi berbasis platform secara efisien, serta mengevaluasi performa aplikasi di berbagai perangkat dan sistem operasi.
  • Mahasiswa mampu bekerja secara kolaboratif dalam tim lintas fungsi untuk merancang dan membangun aplikasi berbasis platform, dengan menerapkan prinsip etika profesi dan komunikasi yang efektif.
  • Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil pengembangan aplikasi multi-platform secara profesional, baik dalam bentuk dokumentasi teknis maupun demonstrasi fungsional aplikasi.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Dasar-dasar pemrograman Java
    • Date  10 Februari 2024

  • Pertemuan 2
    Class dan method dalam Java untuk menerima input dan mengeluarkan output
    • Date  17 Februari 2024

  • Pertemuan 3
    Struktur kontrol
    • Date  24 Februari 2024

  • Pertemuan 4
    Konsep Java Array
    • Date  2 Maret 2024

  • Pertemuan 5
    Class-class yang tersedia di Java Class Library
    • Date  9 Maret 2024

  • Pertemuan 6
    Konsep class dengan merancang class sendiri
    • Date  16 Maret 2024

  • Pertemuan 7
    Konsep inheritance, polymorphism dan interface
    • Date  23 Maret 2024

  • Pertemuan 8
    UTS (USS)
    • Date  30 Maret 2024

  • Pertemuan 9
    Perancangan dengan pendekatan berorientasi obyek menggunakan notasi UML
    • Date  6 April 2024

  • Pertemuan 10
    Dasar exception handling dan assertion dalam pemrograman lanjut
    • Date  13 April 2024

  • Pertemuan 11
    User Interface menggunakan Abstract Windowing Toolkit (AWT) dan Swing
    • Date  20 April 2024

  • Pertemuan 12
    Penanganan User Interface menggunakan User Interface Handling
    • Date  27 April 2024

  • Pertemuan 13
    Threads dalam pemrograman
    • Date  4 Mei 2024

  • Pertemuan 14
    Konsep pemrograman berbasis jaringan dan Applet dalam pembuatan program
    • Date  11 Mei 2024

  • Pertemuan 15
    I/O Stream dalam mengelola file
    • Date  18 Mei 2024

  • Pertemuan 16
    Konsep Generic (class dan method) dalam pemrograman
    • Date  25 Mei 2024

Dosen

ERVIN YOHANNES
ERVIN YOHANNES
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Teknik Informatika
  • Semester3
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10