•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Rekayasa Perangkat Lunak

Program Studi S1 Pendidikan Teknologi Informasi UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) pada program studi Pendidikan Teknologi Informasi bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang prinsip dan praktik dalam pengembangan perangkat lunak yang berkualitas. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari siklus hidup perangkat lunak (Software Development Life Cycle - SDLC), teknik-teknik pengembangan perangkat lunak, serta metodologi yang digunakan dalam perencanaan, analisis, desain, implementasi, dan pemeliharaan perangkat lunak. Materi yang akan dibahas mencakup teknik-teknik analisis kebutuhan sistem, desain perangkat lunak, pengujian perangkat lunak, serta dokumentasi dan manajemen proyek perangkat lunak. Selain itu, mahasiswa akan diperkenalkan pada berbagai model pengembangan perangkat lunak, seperti model Waterfall, Agile, dan DevOps, serta penerapan prinsip-prinsip rekayasa perangkat lunak dalam konteks pendidikan dan teknologi informasi. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan tidak hanya memahami teori-teori dasar rekayasa perangkat lunak, tetapi juga mampu mengimplementasikannya dalam proyek pengembangan perangkat lunak nyata, termasuk aplikasi pendidikan dan teknologi yang dapat digunakan dalam konteks pendidikan. Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat: Menganalisis dan mendokumentasikan kebutuhan perangkat lunak secara efektif. Mendesain dan mengembangkan perangkat lunak yang memenuhi kebutuhan pengguna dengan menggunakan metodologi yang tepat. Mengimplementasikan prinsip-prinsip rekayasa perangkat lunak dalam pengelolaan proyek dan pengujian perangkat lunak. Menggunakan alat bantu dan teknologi terkini dalam pengembangan perangkat lunak. Berkolaborasi dalam tim pengembangan perangkat lunak untuk menyelesaikan proyek pengembangan perangkat lunak. Mata kuliah ini juga dirancang untuk menumbuhkan kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah teknis yang berkaitan dengan perangkat lunak serta mempersiapkan mereka untuk bekerja dalam tim yang mengembangkan solusi perangkat lunak di dunia industri dan pendidikan.

CPMK

  • Mahasiswa mampu Menerapkan Pemikiran Logis, Kritis, Sistematis, dan Inovatif dalam Pengembangan atau Implementasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
  • Mahasiswa Menguasai Konsep dan Implementasi dalam Mengembangkan Rekayasa Perangkat Lunak, Permainan, Multimedia Cerdas, dan Teknik Komputer Jaringan
  • Mahasiswa mampu menjelaskan ruang lingkup masalah pemeliharaan perangkat lunak dan mendemonstrasikan penggunaan alat dan teknik dalam proses rekayasa perangkat lunak.
  • CPMK 5-2 Mahasiswa mampu menerapkan metode pengembangan perangkat lunak dalam proyek sederhana
  • Mahasiswa mampu Memiliki Karakter Adaptif, Berjiwa Wirausaha, dan Mampu Bekerja dalam Tim

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Konsep dan definisi Perangkat Lunak dan Rekayasa dalam Perangkat Lunak.
    • Date  5 Februari 2024

  • Pertemuan 2
    Konsep manajemen proyek perangkat lunak
    • Date  12 Februari 2024

    Definisi Rekayasa Perangkat Lunak
  • Pertemuan 3
    Kebutuhan perangkat lunak dan teknik analisa kebutuhan perangkat lunak
    • Date  19 Februari 2024

    Manajemen Proyek PL
  • Pertemuan 4
    Kebutuhan perangkat lunak dan teknik analisa kebutuhan perangkat lunak
    • Date  26 Februari 2024

    Model Proses PL
  • Pertemuan 5
    Konsep pemodelan sistem
    • Date  4 Maret 2024

    Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak
    Template SKPL
    Contoh SKPL
  • Pertemuan 6
    Konsep Database
    • Date  11 Maret 2024

    Pemodelan PL
  • Pertemuan 7
    Konsep perancangan antarmuka perangkat lunak
    • Date  18 Maret 2024

    Diagram Aktivitas
  • Pertemuan 8
    Menganalisa tahapan RPL berdasarkan studi kasus soal UTS
    • Date  25 Maret 2024

    Diagram Interaksi
  • Pertemuan 9
    Terampil dalam spesifikasi kebutuhan perangkat lunak (PL)
    • Date  1 April 2024

  • Pertemuan 10
    Terampil dalam pemodelan sistem dengan activity diagram
    • Date  8 April 2024

  • Pertemuan 11
    Terampil dalam pemodelan Entity relational diagram (ERD)
    • Date  15 April 2024

  • Pertemuan 12
    Terampil dalam perancangan antar muka
    • Date  22 April 2024

  • Pertemuan 13
    Terampil dalam perancangan antar muka
    • Date  29 April 2024

  • Pertemuan 14
    Terampil dalam membuat aplikasi program RPL
    • Date  6 Mei 2024

  • Pertemuan 15
    Terampil dalam membuat aplikasi program RPL
    • Date  13 Mei 2024

  • Pertemuan 16
    Proyek aplikasi Rekayasa Perangkat Lunak sesuai dengan studi kasus
    • Date  20 Mei 2024

Dosen

MARTINI DWI ENDAH SUSANTI
MARTINI DWI ENDAH SUSANTI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Teknologi Informasi
  • Semester4
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10