Deskripsi Mata Kuliah
Mengkaji dan memberikan pemahaman tentang peranan penilaian dalam proses pendidikan dan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku di sekolah, konsep dasar asesmen autentik, macam-macam bentuk penilaian dan teknik autentik, alternatif dan penilaian berbasis kelas , workshop pengembangan instrumen penilaian, dan uji coba instrument penilaian, analisis data hasil uji instrument, serta data hasil penilaian. Pembelajaran dilakukan dengan menerapkan pendekatan konstruktivistik. Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan latihan membuat rubrik penilaian tertentu oleh setiap mahasiswa dalam kegiatan diskusi kelompok dan refleksi
CPMK
- Mahasiswa menguasai pengetahuan tentang teori evaluasi pembelajaran dan karakteristik siswa untuk menyusun instrumen penilaian hasil belajar dalam proses pembelajaran
- Mahasiswa memiliki kemampuan mengimplementasikan konsep evaluasi pembelajaran dalam pembelajaran Tata Busana yang berdasar pada Tujuan Pembelajaran dan karakteristik siswa
- Mahasiswa memiliki kemampuan memilih dan merancang strategi evaluasi pembelajaran yang berdasar pada Tujuan Pembelajajaran dan memenuhi standar penilaian
- Mahasiswa memiliki sikap bertanggung jawab dalam mengembangkan penilaian hasil belajar sesuai dengan standar penilaian