Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Pemrograman Berorientasi Objek (PBO) membekali mahasiswa dengan pemahaman mendalam tentang paradigma pemrograman berorientasi objek serta penerapannya dalam pengembangan perangkat lunak. Mahasiswa akan mempelajari konsep-konsep fundamental PBO seperti objek, kelas, atribut, metode, enkapsulasi, pewarisan (inheritance), polimorfisme, dan abstraksi.
Mata kuliah ini menekankan pada praktik langsung melalui implementasi menggunakan bahasa pemrograman berorientasi objek yang populer (misalnya, Java atau Python). Mahasiswa akan dilatih untuk merancang, mengimplementasikan, dan menguji aplikasi yang modular, reusable, dan mudah dipelihara dengan memanfaatkan prinsip-prinsip PBO.
CPMK
- Mampu menganalisis persoalan computing yang kompleks dengan pendekatan berorientasi objek
- Mampu mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika /ilmu komputer dengan pendekatan berorientasi objek
- Mampu empertimbangkan wawasan perkembangan ilmu trandisiplin dalam konteks paradigma pemrograman
- Mampu mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform dengan pendekatan berorientasi objek
- Mampu mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat dengan menggunakan konsep teoritis bidang pengetahuan ilmu komputer/informatika dengan pendekatan berorientasi objek
- Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam pengembangan aplikasi berorientasi objek
- Mampu melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja dalam pengembangan aplikasi berorientasi objek
- Memiliki kemampuan bekerjasama dalam tim dalam pengembangan aplikasi berorientasi objek