•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Evaluasi Belajar dan Pembelajaran

Program Studi S1 Pendidikan Sejarah UNESA

 
Card image

Deskripsi MataKuliah

Melakukan pengkajian dan memberikan pemahaman tentang peranan penilaian dalam proses pendidikan dan pembelajaran yang menyesuaikan dengan kurikulum yang berlaku di sekolah. Konsep dasar asesmen autentik, alternatif dan penilaian berbasis kelas termasuk workshop pengembangan instrumen penilaian. Pelaksanaan penilaian, pengolaan data hasil penilaian serta teknik dan macam-macam bentuk penilaian autentik. Pembelajaran dilakukan dengan menerapkan pendekatan konstruktivistik. Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan latihan membuat rubrik penilaian tertentu oleh setiap mahasiswa dalam kegiatan diskusi kelompok dan refleksi

CPMK

  • Menganalisis konsep evaluasi pembelajaran
  • Mengaplikasikan konsep evaluasi pembelajaran sekolah menengah atas
  • Menganalisis sistem penilaian
  • Mengaplikasikan system penilaian pada evaluasi pembelajaran di sekolah menengah
  • Menganalisis teknik dan bentuk penilaian
  • Mengaplikasikan teknik dan bentuk penilaian pada evaluasi pembelajaran sekolah menengah atas
  • Menganalisis konsep HOTS dan keterampilan metakognitif
  • Mengaplikasikan konsep HOTS dan keterampilan metakognitif pada evaluasi pembelajaran di sekolah menengah atas
  • Mengevaluasi hasil pelaporan penilaian pembelajaran
  • Mengembangan dokumen hasil pelaporan penilaian pembelajaran sekolah menengah atas

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Menganalisis dasar hukum, prinsip dan fungsi evaluasi dalam pembelajaran sejarah di Sekolah
  • Pertemuan 2
    Menerapkan definisi, prinsip, dan fungsi evaluasi pembelajaran sekolah menengah atas
  • Pertemuan 3
    Menganalisis sistem penilaian acuan norma (PAN) dan Penilaian acuan patokan (PAP)
  • Pertemuan 4
    Menerapkan PAN dan PAP pada evaluasi pembelajaran
  • Pertemuan 5
    Menganalisis instrumen tes dan non-tes sebagai alat penilaian dalam evaluasi pembelajaran
  • Pertemuan 6
    Menganalisis instrumen tes dan non-tes sebagai alat penilaian dalam evaluasi pembelajaran
  • Pertemuan 7
    Menganalisis instrumen tes dan non-tes sebagai alat penilaian dalam evaluasi pembelajaran
  • Pertemuan 8
    Menerapkan instrumen tes dan non-tes dalam rancangan evaluasi pembelajaran di sekolah menengah atas
  • Pertemuan 9
    Menganalisis konsep berpikir HOTS dan konsep berpikir metakognitif dalam evaluasi pembelajaran
  • Pertemuan 10
    Menerapkan konsep berpikir tingkat tinggi dan proses berpikir metakognitif pada instrumen evaluasi pembelajaran di sekolah menengah atas
  • Pertemuan 11
    Menerapkan konsep berpikir tingkat tinggi dan proses berpikir metakognitif pada instrumen evaluasi pembelajaran di sekolah menengah atas
  • Pertemuan 12
    Mengevaluasi hasil laporan penilaian pembelajaran
  • Pertemuan 13
    Mengevaluasi hasil laporan penilaian pembelajaran
  • Pertemuan 14
    Menyusun laporan hasil penilaian pembelajaran
  • Pertemuan 15
    Menyusun laporan hasil penilaian pembelajaran
  • Pertemuan 16
    Ujian Akhir Semester

Dosen

CORRY LIANA
CORRY LIANA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

DINAR RIZKY LISTYAPUTRI
DINAR RIZKY LISTYAPUTRI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

RIYADI
RIYADI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

AGUS SUPRIJONO
AGUS SUPRIJONO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

SRI MASTUTI PURWANINGSIH
SRI MASTUTI PURWANINGSIH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Sejarah
  • Semester3
  • Lectures5
Difficult Things About Education.
$75$10