Deskripsi MataKuliah
Melakukan pengkajian dan memberikan pemahaman tentang peranan penilaian dalam proses pendidikan dan pembelajaran yang menyesuaikan dengan kurikulum yang berlaku di sekolah. Konsep dasar asesmen autentik, alternatif dan penilaian berbasis kelas termasuk workshop pengembangan instrumen penilaian. Pelaksanaan penilaian, pengolaan data hasil penilaian serta teknik dan macam-macam bentuk penilaian autentik. Pembelajaran dilakukan dengan menerapkan pendekatan konstruktivistik. Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan latihan membuat rubrik penilaian tertentu oleh setiap mahasiswa dalam kegiatan diskusi kelompok dan refleksi
CPMK
- 1. Mampu menganalisis karakteristik materi (content knowledge), mengevaluasi/asesmen, dan menyusun tindak lanjut dalam pembelajaran Geografi yang inovatif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar berbasis IPTEKS. (PLO-1)
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri dan bekerja sama untuk menghasilkan instrument penilaian pembelajaran Geografi
- Mampu merencanakan penilaian pembelajaran Geografi SMA dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar yang berbasis IPTEKS
- Mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang merencanakan/merancang berbagai tenik penilaian secara mandiri