•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Manajemen Industri Media

Program Studi S1 Ilmu Komunikasi UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Manajemen Industri Media membahas prinsip-prinsip manajemen dan strategi bisnis dalam konteks industri media kontemporer. Isi mata kuliah mencakup perencanaan, produksi, distribusi, dan monetisasi konten media; analisis struktur pasar dan regulasi industri; serta manajemen sumber daya manusia dan keuangan di organisasi media. Tujuannya adalah membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan untuk memahami dinamika bisnis media, mengelola operasional organisasi media, dan mengembangkan strategi yang adaptif terhadap perubahan teknologi dan konsumen. Ruang lingkupnya meliputi berbagai sektor industri media seperti televisi, radio, surat kabar, penerbitan, film, musik, media digital, dan platform online, dengan penekanan pada integrasi konten, teknologi, dan bisnis.

CPMK

  • Mampu menguraikan perkembangan manajemen industri media massa
  • Mampu mendesain manajemen industri media massa
  • Mampu merancang dan mengimplementasikan proyek media berbasis studi kasus industri media lokal maupun global.
  • Mampu mengevaluasi efektivitas strategi manajemen media melalui presentasi dan refleksi proyek kelompok.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Membandingkan fenomena perkembangan media massa
    • Date  25 Agustus 2025

  • Pertemuan 2
    Gambaran umum tentang dinamika industri media, baik di Indonesia maupun di dunia pada umumnya
    • Date  1 September 2025

  • Pertemuan 3
    Manajemen dalam konteks industri media massa
    • Date  8 September 2025

  • Pertemuan 4
    Beberapa konsep dasar manajemen dan manajemen perusahaan media
    • Date  15 September 2025

  • Pertemuan 5
    Peran dan fungsi media massa dalam konteks industri media massa
    • Date  22 September 2025

  • Pertemuan 6
    Menyusun organisasi pada manajemen industri media massa berdasarkan satu jenis media massa
    • Date  29 September 2025

  • Pertemuan 7
    Menyusun organisasi pada manajemen industri media massa berdasarkan satu jenis media massa
    • Date  6 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    Membandingkan fenomena perkembangan media massa
    • Date  13 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Mendesain manajemen industri media cetak
    • Date  20 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Mendesain manajemen industri media cetak
    • Date  27 Oktober 2025

  • Pertemuan 11
    Mendesain manajemen industri media elektronik
    • Date  3 November 2025

  • Pertemuan 12
    Mendesain manajemen industri media elektronik
    • Date  10 November 2025

  • Pertemuan 13
    Mendesain organisasi dalam manajemen industri media digital
    • Date  17 November 2025

  • Pertemuan 14
    Mendesain organisasi dalam manajemen industri media digital
    • Date  24 November 2025

  • Pertemuan 15
    Mendesain organisasi dalam manajemen industri media digital
    • Date  1 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    Mendesain manajemen industri media cetak
    • Date  8 Desember 2025

Dosen

HERMA RETNO PRABAYANTI
HERMA RETNO PRABAYANTI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

GILANG GUSTI AJI
GILANG GUSTI AJI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Ilmu Komunikasi
  • Semester3
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10