Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membahas konsep-konsep dasar dalam asesmen pembelajaran matematika, yang bertujuan untuk merancang dan mengevaluasi instrumen penilaian berbasis teknologi informasi yang berfokus pada penilaian proses dan hasil belajar, serta ranah afektif, pengetahuan, dan keterampilan dalam pembelajaran matematika di tingkat SMP/MTs, SMA/MA, atau SMK mengacu pada Kurikulum Nasional melalui studi kasus dan tugas proyek yang dilakukan dengan sikap kritis serta inovatif, sesuai dengan tuntutan abad ke-21.
CPMK
- Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi instrumen penilaian pembelajaran matematika yang berbasis IT untuk kepentingan pembelajaran matematika (instrument penilaian proses dan hasil belajar, ranah afektif, pengetahuan dan keterampilan pada pembelajaran mata pelajaran matematika sekolah (SMP/MTs, SMA/MA, atau SMK) sesuai dengan Kurikulum Merdeka sesuai tuntutan abad 21
- Mampu mengambil keputusan berdasarkan hasil rancangan penilaian pembelajaran matematika yang dihasilkan sesuai tuntutan abad 21 secara bertanggung jawab [KK2]
- Mampu menganalisis konsep-konsep dasar dalam asesmen pembelajaran (matematika) [P2]