Mata kuliah ini mempelajari konsep-konsep pokok dalam perancangan antarmuka perangkat lunak secara umum dan aplikasinya dalam produk digital. Mata kuliah ini mengulas penggunaan konsep-konsep desain, evaluasi, analisis, dan visualisasi data.
CPMK
Mahasiswa menguasai konsep teoritis dalam desain interaksi antarmuka pengguna secara mendalam
Mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam mendesain, mengimplementasikan, serta mengevaluasi antarmuka pengguna yang memperhatikan kebutuhan pengguna
Mahasiswa mampu menerapkan prinsip-prinsip desain untuk mengembangkan produk digital yang dibutuhkan masyarakat dan/atau industri
Mahasiswa mampu merancang antarmuka pengguna yang inovatif, inklusif, dan adaptif dengan semangat kolaboratif serta ketangguhan dalam menghadapi tantangan usability
Mahasiswa mampu berkolaborasi dalam tim untuk menyelesaikan permasalahan
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Perlunya mempelajari interaksi manusia-komputer
Date 3 Februari 2025
Pertemuan 2
User experience (UX) process untuk merancang produk interaktif
Date 10 Februari 2025
Pertemuan 3
User experience (UX) process untuk merancang produk interaktif
Date 17 Februari 2025
Pertemuan 4
Menganalisis karakteristik dan kebutuhan pengguna
Date 24 Februari 2025
Pertemuan 5
Menganalisis karakteristik dan kebutuhan pengguna
Date 3 Maret 2025
Pertemuan 6
Menganalisis karakteristik dan kebutuhan pengguna
Date 10 Maret 2025
Pertemuan 7
Kebutuhan Pengguna
Date 17 Maret 2025
Pertemuan 8
Merancang design interaksi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna
Date 24 Maret 2025
Pertemuan 9
Merancang desain interaksi untuk produk digital yang dikembangkan
Date 11 April 2025
Pertemuan 10
Merancang desain interaksi untuk produk digital yang dikembangkan
Date 15 Mei 2025
Pertemuan 11
User experience (UX) desain interaksi
Date 21 April 2025
Pertemuan 12
User experience (UX) desain interaksi
Date 25 April 2025
Pertemuan 13
Merancang desain interaksi untuk produk digital yang dikembangkan
Date 28 April 2025
Pertemuan 14
Merancang desain interaksi untuk produk digital yang dikembangkan
Date 5 Mei 2025
Pertemuan 15
User experience (UX) desain interaksi
Date 12 Mei 2025
Pertemuan 16
Merancang desain interaksi untuk produk digital yang dikembangkan
Perkuliahan membahas tentang hakikat penelitian pendidikan Fisika; Ragam metode penelitian dalam pendidikan Fisika: penelitian eksperimen, PTK, dan R & D; Rancangan penelitian pendidikan Fisika: desain,
Matakuliah Statistika menyajikan pembahasan tentang statistik deskriptif, distribusi data, ukuran tengah, distribusi probabilitas, serta sifat-sifatnya, distribusi binomial, distribusi poison, distribusi hipergonik, distribusi normal, distribusi sampling,
This course discuss the scope, history, and development of microbiology, the fundamentals of microbial chemistry, laboratory techniques, microbial classification, prokaryotic (bacteria and blue algae) and