•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Penalaran dan Pembuktian

Program Studi S1 Pendidikan Matematika UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Matakuliah ini mengaji tentang pengertian dan manfaat pembuktian, jenis-jenis penalaran yang digunakan dalam proses membuktikan dan karakteristiknya, meliputi penalaran deduktif dan penalaran induktif (analogi, generalisasi), jenis-jenis pembuktian dalam matematika (pembuktian, formal, informal, pembuktian langsung, kontradiksi, induksi, dan pembuktian dengan contoh dan non-contoh) dan bagaimana mengkomunikasikan pembuktian melalui pembelajaran aktif berbasis IT

CPMK

  • Mata kuliah ini mengkaji tentang pengertian penalaran, jenis-jenis penalaran meliputi penalaran induktif, penalaran deduktif, penalaran dalam pemecahan masalah matematis, pengertian pembuktian, metode pembuktian meliputi metode langsung, metode tak langsung, serta jenis jenis pembuktian yang meliputi pembuktian formal dan pembuktian non-formal.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Pengetahuan dan wawasan tentang pengertian penalaran, jenis-jenis penalaran meliputi penalaran induktif, penalaran deduktif, penalaran dalam pemecahan masalah matematis, pengertian pembuktian, metode pembuktian meliputi metode langsung, metode tak langsung, serta jenis jenis pembuktian (CLO-1) Mampu mengimplementasikan prinsip dasar konsep penalaran dan pembuktian pada kegiatan pemecahan masalah (CLO-3)
    • Date  3 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    Pengetahuan dan wawasan tentang pengertian penalaran, jenis-jenis penalaran meliputi penalaran induktif, penalaran deduktif, penalaran dalam pemecahan masalah matematis, pengertian pembuktian, metode pembuktian meliputi metode langsung, metode tak langsung, serta jenis jenis pembuktian (CLO-1) Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogis dalam mendesain tugas yang melibatkan penalaran dan pembuktian (CLO-2) Mampu mengimplementasikan prinsip dasar konsep penalaran dan pembuktian pada kegiatan pemecahan masalah (CLO-3)
    • Date  10 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    Pengetahuan dan wawasan tentang pengertian penalaran, jenis-jenis penalaran meliputi penalaran induktif, penalaran deduktif, penalaran dalam pemecahan masalah matematis, pengertian pembuktian, metode pembuktian meliputi metode langsung, metode tak langsung, serta jenis jenis pembuktian (CLO-1) Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogis dalam mendesain tugas yang melibatkan penalaran dan pembuktian (CLO-2) Mampu mengimplementasikan prinsip dasar konsep penalaran dan pembuktian pada kegiatan pemecahan masalah (CLO-3)
    • Date  17 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    Pengetahuan dan wawasan tentang pengertian penalaran, jenis-jenis penalaran meliputi penalaran induktif, penalaran deduktif, penalaran dalam pemecahan masalah matematis, pengertian pembuktian, metode pembuktian meliputi metode langsung, metode tak langsung, serta jenis jenis pembuktian (CLO-1) Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogis dalam mendesain tugas yang melibatkan penalaran dan pembuktian (CLO-2) Mampu mengimplementasikan prinsip dasar konsep penalaran dan pembuktian pada kegiatan pemecahan masalah (CLO-3)
    • Date  24 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    Pengetahuan dan wawasan tentang pengertian penalaran, jenis-jenis penalaran meliputi penalaran induktif, penalaran deduktif, penalaran dalam pemecahan masalah matematis, pengertian pembuktian, metode pembuktian meliputi metode langsung, metode tak langsung, serta jenis jenis pembuktian (CLO-1) Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogis dalam mendesain tugas yang melibatkan penalaran dan pembuktian (CLO-2) Mampu mengimplementasikan prinsip dasar konsep penalaran dan pembuktian pada kegiatan pemecahan masalah (CLO-3)
    • Date  3 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    Pengetahuan dan wawasan tentang pengertian penalaran, jenis-jenis penalaran meliputi penalaran induktif, penalaran deduktif, penalaran dalam pemecahan masalah matematis, pengertian pembuktian, metode pembuktian meliputi metode langsung, metode tak langsung, serta jenis jenis pembuktian (CLO-1) Mampu mengimplementasikan prinsip dasar konsep penalaran dan pembuktian pada kegiatan pemecahan masalah (CLO-3)
    • Date  10 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    Pengetahuan dan wawasan tentang pengertian penalaran, jenis-jenis penalaran meliputi penalaran induktif, penalaran deduktif, penalaran dalam pemecahan masalah matematis, pengertian pembuktian, metode pembuktian meliputi metode langsung, metode tak langsung, serta jenis jenis pembuktian (CLO-1) Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogis dalam mendesain tugas yang melibatkan penalaran dan pembuktian (CLO-2)
    • Date  17 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    UTS
    • Date  24 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    Pengetahuan dan wawasan tentang pengertian penalaran, jenis-jenis penalaran meliputi penalaran induktif, penalaran deduktif, penalaran dalam pemecahan masalah matematis, pengertian pembuktian, metode pembuktian meliputi metode langsung, metode tak langsung, serta jenis jenis pembuktian (CLO-1) Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogis dalam mendesain tugas yang melibatkan penalaran dan pembuktian (CLO-2) Mampu mengimplementasikan prinsip dasar konsep penalaran dan pembuktian pada kegiatan pemecahan masalah (CLO-3)
    • Date  31 Maret 2025

  • Pertemuan 10
    Pengetahuan dan wawasan tentang pengertian penalaran, jenis-jenis penalaran meliputi penalaran induktif, penalaran deduktif, penalaran dalam pemecahan masalah matematis, pengertian pembuktian, metode pembuktian meliputi metode langsung, metode tak langsung, serta jenis jenis pembuktian (CLO-1) Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogis dalam mendesain tugas yang melibatkan penalaran dan pembuktian (CLO-2) Mampu mengimplementasikan prinsip dasar konsep penalaran dan pembuktian pada kegiatan pemecahan masalah (CLO-3)
    • Date  7 April 2025

  • Pertemuan 11
    Pengetahuan dan wawasan tentang pengertian penalaran, jenis-jenis penalaran meliputi penalaran induktif, penalaran deduktif, penalaran dalam pemecahan masalah matematis, pengertian pembuktian, metode pembuktian meliputi metode langsung, metode tak langsung, serta jenis jenis pembuktian (CLO-1) Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogis dalam mendesain tugas yang melibatkan penalaran dan pembuktian (CLO-2) Mampu mengimplementasikan prinsip dasar konsep penalaran dan pembuktian pada kegiatan pemecahan masalah (CLO-3)
    • Date  14 April 2025

  • Pertemuan 12
    Pengetahuan dan wawasan tentang pengertian penalaran, jenis-jenis penalaran meliputi penalaran induktif, penalaran deduktif, penalaran dalam pemecahan masalah matematis, pengertian pembuktian, metode pembuktian meliputi metode langsung, metode tak langsung, serta jenis jenis pembuktian (CLO-1) Mampu mengimplementasikan prinsip dasar konsep penalaran dan pembuktian pada kegiatan pemecahan masalah (CLO-3)
    • Date  21 April 2025

  • Pertemuan 13
    Pengetahuan dan wawasan tentang pengertian penalaran, jenis-jenis penalaran meliputi penalaran induktif, penalaran deduktif, penalaran dalam pemecahan masalah matematis, pengertian pembuktian, metode pembuktian meliputi metode langsung, metode tak langsung, serta jenis jenis pembuktian (CLO-1) Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogis dalam mendesain tugas yang melibatkan penalaran dan pembuktian (CLO-2) Mampu mengimplementasikan prinsip dasar konsep penalaran dan pembuktian pada kegiatan pemecahan masalah (CLO-3)
    • Date  28 April 2025

  • Pertemuan 14
    Pengetahuan dan wawasan tentang pengertian penalaran, jenis-jenis penalaran meliputi penalaran induktif, penalaran deduktif, penalaran dalam pemecahan masalah matematis, pengertian pembuktian, metode pembuktian meliputi metode langsung, metode tak langsung, serta jenis jenis pembuktian (CLO-1) Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogis dalam mendesain tugas yang melibatkan penalaran dan pembuktian (CLO-2) Mampu mengimplementasikan prinsip dasar konsep penalaran dan pembuktian pada kegiatan pemecahan masalah (CLO-3)
    • Date  5 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    Pengetahuan dan wawasan tentang pengertian penalaran, jenis-jenis penalaran meliputi penalaran induktif, penalaran deduktif, penalaran dalam pemecahan masalah matematis, pengertian pembuktian, metode pembuktian meliputi metode langsung, metode tak langsung, serta jenis jenis pembuktian (CLO-1) Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogis dalam mendesain tugas yang melibatkan penalaran dan pembuktian (CLO-2) Mampu mengimplementasikan prinsip dasar konsep penalaran dan pembuktian pada kegiatan pemecahan masalah (CLO-3)
    • Date  12 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    UAS
    • Date  19 Mei 2025

Pustaka

Dosen

ABDUL HARIS ROSYIDI
ABDUL HARIS ROSYIDI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

SUGI HARTONO
SUGI HARTONO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Matematika
  • Semester6
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10