Course Pendidikan Sains untuk Pembangunan Berkelanjutan
Program Studi S2 Pendidikan Sains UNESA
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membahas tentang konsep pendidikan sains untuk pembangungan berkelanjutan. Konsep sains yang lebih diterapkan dalam upaya membangun keterampilan berpikir dan kreativitas untuk menyelesaikan masalah yang berkembang di masyarakat. Fokus mata kuliah ini adalah memberikan pengalaman belajar dalam menyelesaikan berbagai masalah pendidikan sains sesuai dengan SDGs. Hal ini sangat penting dilakukan sebagai upaya prodi dalam memberikan bekal kepada mahasiswa terkait dengan trend pendidikan yang sedang berkembang.
CPMK
1. Menguasai konsep pendidikan sains untuk pembangunan berkelanjutan.
2. Mampu mengidentifikasi masalah pendidikan sains yang berkembang di masyarakat
3. Menguasai Rethinking Education Pilar Pendidikan Berkelanjutan Ekonomi, lingkungan dan sosial di Indonesia
Kajian tentang konsep-konsep dasar: Stoikhiometri, Struktur Atom & Sistem Periodik Unsur, Ikatan Kimia, Larutan, Sistem Koloid, Energetika, Laju Reaksi, Kesetimbangan Kimia, Redoks & Elektrokimia, Kimia
Mengaji karakteristik matematika, sistem dan struktur deduktif-aksiomatis, logika matematika,kuantor, penarikan kesimpulan, validitas pembuktian, himpunan, relasi, fungsi, poset
Mata kuliah ini mengkaji tentang prinsip, dan karakteristik Pendidikan Matematika Realistik, jenis konteks yang berkaitan dengan fenomena kehidupan yang berkaitan dengan materi bilangan, aljabar, pengukuran