Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar bahasa pemrograman visual, bagaimana menggunakan tools dan software yang ada sehingga mampu mentransformasikan pembelajaran matematika berbasis digital dengan menghasilkan aplikasi media pembelajaran dan game edukasi yang baik. Desain visual dan tampilan grafis juga dikenalkan dalam mata kuliah ini dan diakhiri dengan project pembuatan aplikasi
untuk pembelajaran Matematika
CPMK
Mampu memahami konsep pemrograman dan teknologi pendukungnya
Mampu merancang pembelajaran matematika yang menggunakan software pemrograman
Mampu membuat program aplikasi untuk pembelajaran matematika
Mampu menyelesaikan tugas dan mengevaluasi pekerjaan yang telah dilakukan.
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
· Mengenal Algoritam dan Pemrograman
Date 4 September 2024
Pertemuan 2
Mengenal konsep dasar pemrograman Python
Date 11 September 2024
Pertemuan 3
Mengenal kontrol program seleksi
Date 18 September 2024
Pertemuan 4
Mengenal kontrol program seleksi
Date 25 September 2024
Pertemuan 5
Menyusun pemrograman GUI berbasis Python
Date 2 Oktober 2024
Pertemuan 6
Menyusun pemrograman GUI berbasis Python
Date 9 Oktober 2024
Pertemuan 7
Mengenal pemrograman berbasis Block
Date 16 Oktober 2024
Pertemuan 8
UTS
Date 23 Oktober 2024
Pertemuan 9
Mengenal aplikasi pengambangan media pembelajaran dan game edukasi untuk pembelajaran matematika
Date 30 Oktober 2024
Pertemuan 10
Merancang project aplikasi untuk pembelajaran matematika
Date 6 November 2024
Pertemuan 11
Project aplikasi untuk pembelajaran Matematika
Date 13 November 2024
Pertemuan 12
Project aplikasi untuk pembelajaran Matematika
Date 20 November 2024
Pertemuan 13
Project aplikasi untuk pembelajaran Matematika
Date 27 November 2024
Pertemuan 14
Kreativitasnya untuk membuat usulan project
Date 4 Desember 2024
Pertemuan 15
Kreativitasnya untuk membuat usulan project
Date 11 Desember 2024
Pertemuan 16
Hasil akhir pengembangan proyek tugas akhir aplikasi untuk pembelajaran matematika
Matakuliah Metodologi Penelitian pada program studi Pendidikan Biologi bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi penelitian ilmiah di bidang biologi. Mata
Kajian tentang materi sains dalam format interdisipliner, TPACK, strategi pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran dalam kerangka sains interdisipliner, dan implementasinya melalui project pengembangan bahan ajar yang
Kajian tentang pengertian, tujuan, fungsi, dan prinsip-prinsip asesmen, taksonomi hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor, termasuk literasi dan HoTs, berbagai pendekatan, metode, dan strategi/teknik asesmen,