Mata kuliah ini merupakan mata kuliah case method yang mempelajari tentang konsep matriks serta aplikasinya yang berkaitan dengan pengolahan data. Penggunaan aplikasi komputer yang terkait juga dikenalkan dalam mata kuliah ini.
CPMK
Bertanggung jawab dalam setiap penyelesaian tugas yang diberikan
Mampu menggunakan perangkat lunak untuk menyelesaikan permasalahan tentang matriks
Mampu merancang penyelesaian masalah dalam pengolahan data menggunakan metode-metode pada matriks
Mampu mendemonstrasikan pengetahuan dan wawasan tentang matriks yang berkaitan dengan sains data
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Sistem persamaan linier (KNO-1)
Date 7 Februari 2024
Pertemuan 2
Sistem persamaan linier (KNO-1)
Date 14 Februari 2024
Pertemuan 3
SPL untuk menyelesaikan masalah nyata (SKI-2)
Date 21 Februari 2024
Pertemuan 4
Konsep dasar matriks (KNO-1)
Date 28 Februari 2024
Pertemuan 5
Invers dan determinan matriks (KNO-1)
Date 6 Maret 2024
Pertemuan 6
Konsep vektor dalam ruang-2, ruang-3, ruang-n dan operasinya (KNO-1)
Date 13 Maret 2024
Pertemuan 7
Ruang vektor real dan sub-ruangnya (KNO-1)
Date 20 Maret 2024
Pertemuan 8
Ruang vektor real dan sub-ruangnya (KNO-1)
Date 27 Maret 2024
Pertemuan 9
Konsep basis dan dimensi (KNO-1)
Date 3 April 2024
Pertemuan 10
Konsep basis dan dimensi (KNO-1)
Date 10 April 2024
Pertemuan 11
Konsep Ruang Hasil Kali Dalam dan proses Gram-Schmidt (KNO-1)
Date 17 April 2024
Pertemuan 12
Konsep Ruang Hasil Kali Dalam dan proses Gram-Schmidt (KNO-1)
Date 24 April 2024
Pertemuan 13
Transformasi Linier (KNO-1)
Date 1 Mei 2024
Pertemuan 14
Nilai Eigen dan Vektor Eigen (KNO-1)
Date 8 Mei 2024
Pertemuan 15
Program komputer untuk menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan matriks (SOC-2, SKI-1-2 dan COM-2)
Matakuliah ini mempelajari tentang pengumpulan, pengolahan, penyajian, analisis data. Materi dalam mata kuliah Statistika terdiri dari pengetahuan dasar statistika, penyajian data dalam bentuk tabel, penyajian
Kajian tentang hakekat, tujuan, dan jenis-jenismetode penelitian yang relevan dengan penelitian bidang pendidikan kimia serta mampumembekali mahasiswa agar terampil dalammembuat keputusan sertamengaplikasikan metode penelitian untuk
Kajian tentang hakikat MIPA, paradigma Baru Pembelajaran, kurikulum, media dan sumber belajar, Perangkat Pembelajaran (Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), Tujuan Pendidikan dan Taksonomi Hasil Belajar,