•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Advanced Research Methodology

Program Studi S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Penggunaan teori dan hasil penelitian yang relevan untuk analisis dan penerapan prinsip-prinsip dasar penelitian kualitatif dan kuantitatif bidang pendidikan bahasa-sastra, kebahasaan, dan/atau kesastraan secara aplikatif operasional. Topik mata kuliah ini meliputi paradigma penelitian kualitatif, kuantitatif, dan mixed method, model-model penelitian kualitataif, kuantitatif, dan campuran, fungsi teori, pengumpulan dan pengolahan data, penganalisisan data, dan pengujian kesahihan temuan melalui belajar mandiri, presentasi, diskusi, atau pun publikasi dengan produk akhir berupa makalah/artikel

CPMK

  • 1. Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu analisis dan penerapan metode penelitian kualitatif
  • 2. Menguasai prinsip-prinsip dasar dan aspek-aspek teknis metode penelitian kualitatif untuk merancang prosedur penelitian bidang pendidikan bahasa-sastra, kebahasaan, dan/atau kesastraan
  • 3. Mengambil keputusan strategis dalam menerapkan metode penelitian kualitatif dalam merancang prosedur penelitian bidang pendidikan bahasa-sastra, kebahasaan, dan/atau kesastraan
  • 4. Bertanggung jawab dan berkarakter iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, dan tangguh dalam penyelesaian tugas penerapan metode penelitian kualitatif dalam bidang pendidikan bahasa-sastra, kebahasan, dan/atau kesastraan

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Memanfaatkan ipteks untuk Menyusun sintesis hasil penelitian bidang pembelajaran bahasa dan sastra lima tahun terakhir dari jurnal internasional bereputasi untuk mendapatkan model metode penelitian yang mendukung dan mengakselerasi penyelesaian proposal disertasi.
    • Date  5 September 2024

  • Pertemuan 2
    Masalah bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan sebagai objek penelitian dan memposisikannya ke dalam peta penelitian yang dikembangkan yang berfokus pada CCDA, CDA, dan Method of CDA
    • Date  12 September 2024

  • Pertemuan 3
    Masalah bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan sebagai objek penelitian dan memposisikannya ke dalam peta penelitian yang dikembangkan yang berfokus pada CCDA, CDA, dan Method of CDA
    • Date  19 September 2024

  • Pertemuan 4
    Konsep metodologi penelitian kualitatif bidang pendidikan bahasa dan sastra untuk pengembangan bahasa, sastra dan pembelajarannya Berfokus pada metode etnography, narrative analysis, dan case study
    • Date  26 September 2024

  • Pertemuan 5
    Konsep metodologi penelitian kualitatif bidang pendidikan bahasa dan sastra untuk pengembangan bahasa, sastra dan pembelajarannya Berfokus pada metode etnography, narrative analysis, dan case study
    • Date  3 Oktober 2024

  • Pertemuan 6
    Konsep metodologi penelitian kualitatif bidang pendidikan bahasa dan sastra untuk pengembangan bahasa, sastra dan pembelajarannya Berfokus pada metode etnography, narrative analysis, dan case study
    • Date  10 Oktober 2024

  • Pertemuan 7
    Konsep metodologi penelitian kualitatif bidang pendidikan bahasa dan sastra untuk pengembangan bahasa, sastra dan pembelajarannya Berfokus pada metode etnography, narrative analysis, dan case study
    • Date  17 Oktober 2024

  • Pertemuan 8
    Analysis proposal
    • Date  24 Oktober 2024

  • Pertemuan 9
    Analysis proposal
    • Date  31 Oktober 2024

  • Pertemuan 10
    Analysis proposal
    • Date  7 November 2024

  • Pertemuan 11
    Analysis proposal
    • Date  14 November 2024

  • Pertemuan 12
    Analysis proposal
    • Date  21 November 2024

  • Pertemuan 13
    Terampil mengelola dan mengembangkan riset bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan secara kualitatif yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan
    • Date  28 November 2024

  • Pertemuan 14
    Terampil mengelola dan mengembangkan riset bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan secara kualitatif yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan
    • Date  5 Desember 2024

  • Pertemuan 15
    Terampil mengelola dan mengembangkan riset bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan secara kualitatif yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan
    • Date  12 Desember 2024

  • Pertemuan 16
    Terampil mengelola dan mengembangkan riset bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan secara kualitatif yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan
    • Date  19 Desember 2024

Dosen

SLAMET SETIAWAN
SLAMET SETIAWAN
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

AHMAD MUNIR, S.PD., M.ED.,PH.D
AHMAD MUNIR, S.PD., M.ED.,PH.D
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

WIDYASTUTI
WIDYASTUTI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS3 Pendidikan Bahasa dan Sastra
  • Semester1
  • Lectures3
Difficult Things About Education.
$75$10