•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Pengembangan Bahan Ajar

Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa UNESA

 
Card image

Deskripsi MataKuliah

Mata kuliah ini berisi Pengkajian berbagai model pengembangan buku ajar serta pembekalan kemampuan menyusun bahan ajar bahasa dan sastra Jawa untuk peningkatan keterampilan dalam pembelajaran bahasa Jawa di sekolah dengan memanfaatkan IPTEKS yang dilandasi sikap bertanggungjawab. Mata kuliah ini disajikan dengan sistem tugas, praktik, diskusi dan presentasi, dan refleksi.

CPMK

  • Memanfaatkan IPTEKS untuk mendapatkan, mengumpulkan, dan mengolah berbagai model perencanaan pembelajaran dan pengembang-annya serta pembekalan kemampuan menyusun Bahan Ajar dalam rangka penyelesaian masalah perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Jawa di sekolah.
  • Menguasai konsep teoretis tentang pendekatan, model, dan metode pengembangan perencanaan pembelajaran, serta mampu memformu-lasikan dalam penyelesaian berbagai masalah bahan ajar bahasa dan sastra Jawa secara prosedural.
  • Mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi dalam penyelesaian dan pemecahan masalah bahan ajar bahasa dan sastra Jawa.
  • Memiliki komitmen dan sikap tanggung jawab pada kinerja pembelajaran sendiri dan kelompok dalam pemecahan berbagai permasalahan praktik menyusun bahan ajar bahasa dan sastra Jawa di sekolah.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Menyimpulkan kembali orientasi, ruang lingkup, tujuan dan posisi pengembangan bahan ajar
  • Pertemuan 2
    Memahami peran bahan ajar dan ragam jenis bahan ajar cetak dan non cetak yang relevan dalam pembelajaran Bahasa Jawa
  • Pertemuan 3
    Menganalisis faktor-faktor dan prosedur pengembangan bahan ajar
  • Pertemuan 4
    Menganalisis persamaan dan perbedaan bahan ajar berbasis cetak beserta pemanfaatannya
  • Pertemuan 5
    Menganalisis persamaan dan perbedaan bahan ajar berbasis noncetak beserta pemanfaatannya
  • Pertemuan 6
    Memahami ruang lingkup dan pemanfaatan literature review dalam pengembangan bahan ajar
  • Pertemuan 7
    Memahami model serta prosedur evaluasi formatif bahan ajar cetak dan non cetak
  • Pertemuan 8
    UTS
  • Pertemuan 9
    Menerapkan tahapan/langkah-langkah pengembangan bahan ajar secara sistematik (drafting)
  • Pertemuan 10
    Menerapkan tahapan/langkah-langkah pengembangan bahan ajar secara sistematik (drafting)
  • Pertemuan 11
    Menerapkan tahapan/langkah-langkah pengembangan bahan ajar secara sistematik (editing)
  • Pertemuan 12
    Menerapkan tahapan/langkah-langkah pengembangan bahan ajar secara sistematik (editing)
  • Pertemuan 13
    Menerapkan tahapan/langkah-langkah pengembangan bahan ajar secara sistematik (revising)
  • Pertemuan 14
    Menerapkan tahapan/langkah-langkah pengembangan bahan ajar secara sistematik (revising)
  • Pertemuan 15
    Menerapkan tahapan/langkah-langkah pengembangan bahan ajar secara sistematik (publishing)
  • Pertemuan 16
    UAS

Dosen

LATIF NUR HASAN
LATIF NUR HASAN
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

SUKARMAN
SUKARMAN
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa
  • Semester3
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10